SMAN 1 Lintau Tuan Rumah FLS2N Tingkat SMA Kabupaten Tanah Datar

Fhoto : Penampilan salah seorang peserta FL2SN 2018 tingkat kabupaten di Aula SMAN 1 Lintau, Sabtu (12/05/18).(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Sebanyak 100 orang lebih, siswa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Tanah Datar ikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten yang digelar di SMA Negeri 1 Lintau, Sabtu (12/05/18).

Kemampuan siswa dari 17 SMA se Tanah Datar yang mengikuti FL2SN 2018 ini akan diuji terhadap kecintaan seni dan budaya, untuk pertama kalinya SMAN 1 Lintau yang sejak tahun 2016 lalu terpilih menjadi induk Cluster Sekolah Model  oleh LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Propinsi Sumatera Barat.

Koordinator Pengawas Wilayah Kabupaten Tanah Datar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Rospeiril yang membuka secara langsung FL2SN 2018 ini mengatakan, merupakan ajang untuk menjaring duta seni yang selanjutnya akan berlaga di tingkat provinsi dan nasional.

“Melalui lomba itu diharapkan para siswa dapat lebih mencintai seni dan budaya daerah, sekaligus memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana melalui seni mengali potensi daerah,” ungkap Rospeiril yang didampingi Kepala Sekolah SMAN 1 Lintau Jon Wilson.

Acara FLS2N 2018 yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Lintau Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar itu sebut Rospeiril, diharapkan juga akan muncul jiwa kompetisi bidang seni dan budaya pada siswa tingkat SLTA.

“Diharapkan peserta nantinya mampu berkontribusi dalam pengembangan pariwisata daerah dan ekonomi kreatif bagi anak didik,” tegas mantan Kepala Sekolah SMAN 3 Batusangkar itu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana FL2SN Tanah Datar Mustaqin kepada media ini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program yang ada di dinas pendidikan.

“Walaupun saat ini, wewenang SMA/SMK dikelola oleh Provinsi namun kegiatan ini tetap dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat, dan pelaksanaannya juga kita dari kabupaten,” sebut Mustaqin.

Adapun lomba-lomba yang dilaksanakan katanya, yakni lomba cipta dan baca puisi, seni kreasi, tari, solo vokal, monolog, gitar solo dan lomba lainnya.

“Memang tidak semua sekolah di Tanah Datar menyempatkan diri mengikuti utusannya untuk mengadu kerativitas seni pada ajang FLS2N tersebut. Meski tidak demikian dia berharap  kegiatan tersebut tetap meriah dan berjalan lancer,” pungkasnya. (ddy)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*