SMPN 5 Padang Panjang Gelar Wisuda Tahfidz  Desmon : “Kehebatan Yang Sangat Luar Biasa”

Padang Panjang, Padang-Today.com – Sebanyak 106 Siswa dan Siswi SMP Negeri 5 Kota Padang Panjang ikut Wisuda Tahfidz.
Dari 106 siswa dan siswi yang ikut tahfidz tiga orang diantaranya sudah menghafal 3 Juz, 3 orang lagi menghafal 2 Juz dan selebihnya sudah menghafal 1 Juz.Wisuda yang bertemakan “Melahirkan Generasi Qur’ani Berkarakter Tangguh Menghadapi Tantangan” di langsungkan di Halaman SMP Negeri 5, Sabtu (3/3).

Advertisements

Acara tersebut turut dihadiri Pjs Walikota Padang Panjang yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Dr. Desmon, M.Pd, Ketua DPRD Kota Padang Panjang Dr. Novi Hendri, Forkopimda, Kepala Sekolah se-Kota Padang Panjang serta tamu undangan lainnya.

Dalam wisuda tahfiz tersebut akan di selenggarakan tiga perlombaan sekaligus yaitunya lomba menggambar poster dan cipta puisi Tingkat SD se-Pabasko, serta pergelaran karya siswa SMP N 5 Padang Panjang.

Sebelum para peserta tahfidz di wisuda, mereka terlebih dahulu melaksanakan pawai yang dilepas secara langsung oleh Ketua DPRD Novi Hendri yang ditandai dengan pemotongan pita.

Desmon dalam sambutan Pjs. Walikota Padang Panjang mengatakan, kegiatan Spenfive Expo yang dilaksanakan oleh SMPN 5 ini merupakan kegiatan yang sangat bagus, dan ini perlu di pertahankan serta ditingkatkan lagi.

“Jika tiap-tiap sekolah bisa melaksanakan kegiatan seperti saat ini, mungkin Kota Padang Panjang akan menjadi Kota yang penuh dengan anak-anak pintar dan hebat,” ujar Desmon.

Desmon juga menambahkan, ini merupakan lompatan yang sangat luar biasa dilakukan Sekolah ini, dimana sebelumnya hanya 35 orang Siswa yang ikut wisuda tahfidz, nah sekarang yang ikut malah 106 siswa dan siswi, kehebatan yang sangat luar biasa dilakukan oleh sekolah ini.

“Saya sangat mengapresiasi sekali terhadap guru-guru yang ada disekolah ini, benar-benar torehan yang sangat luar biasa ,” ungkap Desmon.

Menghafal Al-Qur’an tidak lah mudah tapi bagi anak-anak disini sudah diperlihatkan dan dicontohkan “kalau dicoba pasti bisa”.

“Saya harap kedepannya akan lebih banyak lagi anak-anak yang ikut dan semoga kegiatan tahfidz ini menjadi kegiatan pokok bagi sekolah-sekolah lain nantinya, ” tutup Desmon.

Senada dengan Desmon Kepala Sekolah SMPN 5 Ermita, S.Pd mengatakan, wisuda tahfiz ini merupakan program unggulan dari SMPN 5.

“Dengan program seperti ini bisa melahirkan generasi yang berkarakter, taat dan qur’ani yang berguna untuk menghadapi kehidupan berikutnya,” jelas Ermita.

Wisuda tahfiz yang kelima ini merupakan wisuda yang terbanyak dengan jumlah 106 wisudawan/wisudawati, dibanding dengan wisuda tahun sebelumnya dengan hafalan paling banyak 3 Juz yang diikuti oleh kelas VII, VIII, dan IX.

Sementara itu, Ermita menambahkan bagi siswa yang sudah ikut wisuda tahfidz, berharap terus meningkatkan hafalannya dan untuk siswa yang belum bisa ikut, semoga kedepannya bisa ikut.

“Kami akan upayakan untuk siswa kita yang belum bisa ikut, kita berikan motivasi bagi mereka agar bisa seperti teman- teman mereka yang saat ini, serta bagi siswa yang ikut wisuda hari ini dapat menambah hafalannya lagi, dapat memberikan semangat dan contoh yang baik untuk temannya,” ungkapnya.

Disamping itu untuk meningkatkan kegiatan keagamaan tersebut, sekolah sudah menyediakan berbagai program yang bertajuk keagamaan diantaranya program muhadarah yang diadakan setiap jum’at pagi dan tahfiz qur’an setelah shalat jum’at, dua jam mengaji setiap satu minggu, serta membaca al qur’an sebelum belajar.

“Kami datangkan pembina, penceramah, serta khatib dari setiap kegiatan, terkadang kami jadikan siswa tersebut menjadi pelaksana dari setiap kegiatan itu sehingga nantinya mereka dapat menambah ilmu dan hatinya dengan keagamaan,” tutupnya.

Berikut Kategori wisuda tahfidz terbaik dari kategori 3 Juz hingga 1 Juz:

Kategori 3 Juz
Terbaik 1. Farren Qhuntum Khaira, 2. Muhammad Razaq, 3.Sherli Afita Dwina

Kategori 2 Juz
Terbaik Fitra Adinda Pratiwi

Kategori 1 Juz
Terbaik 1. Alif Reyhan Putra, 2. Dinda Amelia Putri, 3. Fadhlan Khairan, Harapan 1.Khairul Hadid, Harapan 2. Bunga Ramadhani dan terakhir Harapan 3. Dinda Salsabila Azhari

Untuk kategori terbaik satu diberikan penghargaan, dan 1 buah Laptop serta terbaik 2 mendapatkan 1 buah note book dan penghargaan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*