Songket Pamasihan Lintau, Hiasi Stand Pameran HPN Ke 70

Fhoto : Kabag Humas Dan Protokol Setda Tanah Datar Syahril, saat memaparkan pengembangan Songket Pamasihan Lintau kepada Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, beberapa waktu lalu.(ddy)


TANAH DATAR, www.padang-today.com,- Masih terasa hangat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke 70 Tahun 2018 ini,  Sumatera Barat ditunjuk sebagai tuan rumah menjamu insan pers di Tanah Datar.

Acara puncak yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lku di Kota Padang, membuka sejarah baru dalam dunia pers kali ini. Kenapa tidak, HPN kali ini dianggap paling meriah, apalagi HPN kali ini disisipi oleh kegiatan Minangkabau Summit.

Dengan menampilkan pameran aneka kerajinan UKM berbagai daerah di Sumatera Barat, pada Senin (05/02/18) hingga Jumat (09/02/18) di Gelanggang Olah Raga H. Agus Salim Padang, membuktikan jika UKM di Sumbar sudah mampu go nasional.

Untuk Kabupaten Tanah Datar, pameran UKM ini menampilkan sebuah karya anak nagari, yakni songket asal Pamasihan Nagari Tanjung Bonai Kecamatan Lintau Buo Utara yang saat ini sudah mampu menjadi salah satu promosi unggulan dalam ajang promosi dan transaksi ekonomi di HPN kali ini.

Kabag Humas dan Protokol Setda Tanah Datar Syahril, kepada awak media beberapa waktu lalu mengatakan, dalam memamerkan songket Pamasihan Lintau pada HPN ke 70 tahun 2018 di Padang, sudah membuktikan jika songket daerah itu memiliki keunikan dalam pewarnaan kain. Katanya, Songket Pamasiha sudah dijadikan ikon produk wisata di Kabupaten Tanah Datar.

“Kepada Pemprov kami sudah menjelaskan tentang pengembangan songket yang berasal dari Jorong Pamasihan Nagari Tanjung Bonai Lintau, sehingga pada HPN lalu kita juga dapat mempromosikan jika songket itu bisa dijadikan sebagai produk transaksi ekonomi bagi masyarakat,” ucap Syahril.

Syahril menambahkan melalui HPN 2018 menjadi momentum bagi Tanah Datar semakin dikenal di nusantara hingga mancanegara, daerah yang memiliki alam yang indah, pusat budaya Minangkabau, kuliner khas yang beragam serta atraksi budaya maupun seni nan unik, pungkasnya.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*