Songsong ENB, DPK Maksimalkan Perpustakaan Digital

Padangpanjang, TODAY – Seiring lahirnya kebijakan Era Normal Baru (ENB), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Padangpanjang siapkan sejumlah strategi guna memberikan layanan maksimal terhadap pengunjung.
Kepala DPK Kota Padangpanjang, Alvi Sena mengaku dalam menyongsong EBN yang familiar disebut new normal itu akan memaksimalkan layanan perpustakaan digital. Hal ini diterapkan untuk kenyamanan pengunjung selama berada di pustaka daerah kota berjuluk Serambi Mekkah itu.
“Hal ini kami lakukan agar pengunjung merasa “save” dan nyaman saat berada diperpustakaan dan mempunyai akses kepada buku-buku digital,” sebut Alvi Sena, Jum’at (29/5).
Dikatakannya dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang tengah mewabah saat ini, sebagian besar masyarakat telah memahami. Termasuk besarnya dampak yang dirasakan selama ini, telah disikapi pemerintah dengan melakukan berbagai upaya untuk bangkit dan memutus mata rantai virus ini.
Ditambah lagi dengan kebijakan penerapan New Normal yang tengah dipersiapkan pemerintah usai berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 7 Juni mendatang. Menyikapi hal tersebut, DPK akan bersiap kembali membuka layanan perpustakaan dengan tetap melaksanakan protokol Covid-19 secara ketat.
“Pelayanan kepada pengunjung akan dilakukan secara terbatas, dengan nemperhatikan kesterilan perpustakaan serta buku-buku dengan teliti. Penyemprotan disinfektan rutin dilakukan, pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, dan pendaftaran kunjungan secara online serta memaksimalkan perpustakaan digital,” ucap Alvi.
Disamping itu terkait tentang literasi bencana non alam, memang telah menjadi perhatian pihaknya. Bagaimana bisa mengedukasi masyarakat agar masyarakat tersebut bisa hidup lebih bersih, karena dalam islam disebutkan bahwa “kebersihan merupakan bagian dari iman”.
“Salah satunya yang sedang digagas adalah penulisan buku tentang bagaimana hidup di era New Normal EBN). Apabila terealisir nanti, akan kita bagikan ke masyarakat melalui TBM ataupun pojok-pojok baca di sekolah. (nfo/ka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas