Sosialisasi Pemutakhiran Data, Wako Harapkan Data Berkualitas

Padangpanjang—Menuju pembangunan berbasis data, Wali Kota Padangpanjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano membuka kegiatan Sosialisasi Pendataan Pemutakhiran Potensi Desa/Kelurahan/ Tahun 2019 di Hall Lantai III Balaikota, Kamis (13/6).

Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padangpanjang menghadirkan Narasumber Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Propinsi Sumatera Barat    Krido Saptono, S.Si, M.Si, Kepala BPS Arius Jonnaidi, SE, ME, Kepala OPD serta Camat dan Lurah se-Kota Padangpanjang.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan bahwa sebagai Kota yang sudah dianugerahi Smart city, tentunya ini menjadi beban dan sebuah tantangan bagi Padangpanjang untuk menjadi yang terbaik. Tentu itu tidak lepas dari dukungan dan dorongan organisasi dan masyarakat Kota Padangpanjang.

Ketersediaan data yang akurat tentu menjadi unsur terpenting yang dimiliki  Pemerintah Kota Padangpanjang. “Untuk itu, saya minta agar Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Padangpanjang dapat bekerjasama dan membantu BPS dengan memberikan Data yang dibutuhkan secara sungguh-sungguh,” ujar Walikota.

Walikota berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi untuk selalu serius dalam mengikuti sosialisasi, karena setiap ilmu yang akan diterima nanti akan dinilai.

Lanjut, Kabid Statistik Sosial sedikit memaparkan tentang tujuan pemutakhiran potensi desa di antaranya menyediakan data dasar untuk menghitung Indeks Kesulitan Geografis (IKG), menghasilkan data ekonomi dan sarana prasarana wilayah, menghasilkan data klasifikasi desa, sumber data pemutakhiran peta wilayah kerja statistik dan banyak lain lagi.

“Kami berharap, dengan kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini segala tujuan yang ingin dicapai dapat terealisasikan, dan juga kerjasama dari camat dan lurah untuk mem sangat diperlukan,” sebutnya.

Sedangkan Kepala BPS Padangpanjang mengharapkan hasil dari sosialisasi ini dapat memberikan data yang lebih akurat dan berkualitas.

“Tentunya koordinasi dari seluruh dinas terkait dapat membantu memudahkan anggota BPS dalam mengumpulkan data,” tambahnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas