Sosialisasi Smart City, Padang Pariaman Siap Wujudkan Kota Pintar

Padang-today.com__Pemerintah Padang Pariaman, Sumbar, menggelar sosialisasi Gerakan  smart city di daerah itu. Gerakan yang digagas Dinas Komunikasi Informasi dan Informatika daerah setempat ditargetkan mampu mendorong pemerintah daerah agar dapat meningkatkan pelayanan masyarakat dengan mengunakan teknologi informasi.

Kegiatan sosialisasi gerak menuju smart city di gelar di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman, Senin (08/4) dihadiri seluruh SOPD dan Camat se Kabupaten Padang Pariaman sebagai komitmen dalam penerapan smart city di wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bupati Ali Mukhni sekitar pukul 09.30 WIB dari jadwal yangtelah disediakan. Ali mukhni pada saat usai acara mengatakan, Padang Pariaman selangkah lagi akan melahirkan program smart city di lingkungan pemerintahnya.

Padang Pariaman semenjak tahun 2018, katanya, pihaknya telah dibangun jaringan internet yang terkoneksi pada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kecamatan-kecamatan dan Puskesmas dengan kabel fiber optic (FO).

Pada tahun 2019 ini, kata dia, jaringan intenet tersebut akan direntang sampai ke 103 Nagari dengan kabel FO sepanjang 123 Km. “ Untuk integrasi teknologi dalam tata kelola kota di mungkinkan berkat keberadaan internet of things, yaitu jaringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan mampu mengirim data ataupun melakukan tindak lanjut dengan campur tangan manusia yang minimal,” ujarnya.

Pada tahun ini, kata dia, pihaknya telah menyediakan anggaran untuk mewujdkan smartcity tersebut. Miskipun demikian masih minimnya anggaran yang ditampung dari APBD, akan di upayakan penambahan pada APBD Perubahan.

“ Karena smartcity ini sangat penting dilakukan Pemkab Padang Pariaman dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu seluruh OPD di lingkungan Pemerintah setempat harus mendukung dan mewujudkan program smartcity ini,” ujar Ali Mukhni.

Selain itu, sebanyak 103 nagari yang ada di daerah itu sudah terkoneksi, 17 kecamatan dan 25 Puskesmas sudah dapat di akses dalam bentuk smartcity ini. Jika smartcity berjalan dan sukses di daerah itu, Kementerian Kominfo bakal meluncurkan Dana Intensif Daerah (DID) Rp 40 miliar.

Sementara Kadis Kominfo Padang Pariaman, Zahirman menyebutkan, hadirnya smartcity di daerah itu bertujuan untuk memudahkan masayarakat dalam mendapatkan pelayanan publik. Dengan samartcity masyarakat akan lebih effektid dan se efesien mungkin dalam menbdapatkan pelayanan publik.

“ Banyak program inovasi pelayanan publik yang dilaksanakan sarat dengan pengunaan teknologi informasi. Seluruh program tersebut dikemas melalui program smartcity,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah siap menjalankan dan menerapkan smartcity itu. Semuanya ini adalah menjadi bagian tugas Diskominfo dalam melaksanakan smartcity. “ Ini menjadi tugas utama kami bersama OPD dalam menimplementasikan smartcity dilingkungan Pemkab Padang apriaman,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya telah menyiapkan kebijakan perencanaan induk, master plan dan jaringan internet, agar seluruh OPD dan 17 kecamatan, 25 Puskesmas serta 103 Nagari sudah ada jaringan internet. Dengan adanya jaringan internet itu, maka smartcity lebih cepat terwujud. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas