Sosilisasi Peraturan dan Penilaian PLK UNP, Suguhkan Isu Ini…

Sosilisasi Peraturan dan Penilaian PLK UNP Suguhkan Isu Keguruan Masa Depan

Sosilisasi Peraturan dan Penilaian PLK UNP
Suguhkan Isu Keguruan Masa Depan

Padang, PADANG-TODAY.com-Universitas Negeri Padang melaksanakan Sosialisasi Peraturan dan Penilaian Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) kepada 1.834 mahasiswa kependidikan di Auditorium UNP, Selasa (10/7). Selain mahasiswa PLK, turut hadir para Dekan selingkungan UNP setelah dibuka Wakil Rektor 1 UNP, Prof Yunia Wardi.

Tercatat ada 27 Prodi yang mahasiswanya yang akan mengikuti PLK pada semester Juli – Desember 2018, diantaranya Prodi Guru Pendidikan Anak Usia Dini sebanyak 98 orang, Geografi (102), Penjaskesrek (260), Teknik Mesin (65), Sosiologi-Antropologi (85). Dari 1.834 mahasiswa yang akan mengikuti PLK itu terdiri berbagai fakultas yakni fakultas FT sebanyak 282 orang, FBS (341), FMIPA (342) dan FIK sebanyak 452 orang.

Sekolah yang digunakan untuk kegiatan PLK mahasiswa UNP semester Juli-Desember 2018 ini berada pada 207 sekolah di 15 Kabupaten dan Kota seluruh Sumbar, diantara kabupaten dan kota yang terbanyak sekolahnya adalah, Kota Padang 84 sekolaj, Padang Pariaman (15), Pesisir Selatan (13), Kota Pariaman (16), Kota Payakumbuh dan Bukittinggi masing-masing 12 sekolah.

Kemudian jenjang pendidikan sekolah bagi mahasiswa PLK itu adalah mulai dari tingkat TK 21 sekolah, SMP 80 sekolah dan SMA 55 sekolah serta SMK 51 sekolah, total keseluruhan sekolah untuk PLK semester Juli -Desember adalah 207 sekolah.

Dipembukaan sosialisasi itu, Kepala Pusat PPL UNP, Dr Waskito, MT melaporkan pelaksanaan PLK mahasiswa UNP akan dilaksanakan dari 16 Juli s/d 20 Okttober. Untuk itu, orientasi umum program PPL, beradaptasi dengan sistem persekolahan serta materi sistem pelaksanaan PLK akan menjadi materi sosialisasi, yang disampaikan Ketua LP3M UNP, Dr Edwin Musdi.

“Sosialisasi Peraturan dan Penilaian PLK berlansung selama 1 hari penuh dengan mendatangkan berbagai pamateri,” ujar Waskito.

Saat pengarahaan Rektor UNP, yang diwakili WR1, Prof Yunia Wardi mengatakan bahwa kegiatan PLK untuk meningkatkan kompetensi lulusan yang bakal menjadi tenaga pendidik di masa datang.

“Karena itu, model-model pembelajaran yang terkait dengan PPL harus dapat disempurnakan dan ditingkatkan serta disesuaikan dengan perkembangan zaman,” ungkap Yunia Wardi saat membuka pembekalan mahasiswa PLK UNP Auditorium UNP,Selasa (10/7).

Disebutkan Yunia Wardi, PLK bagi mahasiswa UNP tersebut dapat menjadikan mahasiswa yang unggul dan memiliki kompetensi keterampilan mengajar di sekolah nantinya dan dengan digelarnya PPL maka akan dapat menempa lulusan yang bukan saja dapat memiliki praktek keilmuan, tetapi juga memiliki pengalaman praktek mengajar secara langsung di lapangan.

Sedangkan Wakil Rektor 4 UNP, Prof Syahrial Bakhtiar memberikan wawasan profesionalisme seorang guru zaman now dan informasi pengetahuan umum bagi calon guru masa depan serta berbagi pengalaman hal lainnya tentang tugas-tugas guru dimasa yang akan datang, yang sudah memasuki era Revolusi 4.0.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*