Startup Weekend Bandung Sukses Digelar

ilustrasi

ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Gelaran startup Weekend Bandung sukses digelar pada Jumat, 10 April 2015 lalu dengan diikuti oleh lebih dari 70 peserta dengan ide bisnis atau ingin menjadi bagian dari ide-ide tersebut.

Peserta Startup Weekend Bandung ini berasal berbagai kalangan, seperti enterpreneur, developer, pekerja kreatif, pecinta teknologi, desainer, penggiat marketing, pemilik produk, hingga serial founders. Semua sosok penting bagi start-up itu akan dipertemukan dengan para mentor yang telah berpengalaman di bidangnya.

Para peserta dari berbagai profesi ini menjalani rentetan kegiatan selama 54 jam hingga 12 April yang terfokus pada proses mengubah ke-13 ide bisnis yang terlahir menjadi minimum viable product; produk yang fitur dasarnya telah bisa digunakan dan dimanfaatkan pengguna.

13 ide bisnis yang tercetus di gelaran ini bergerak dalam berbagai bidang, dari digital, agrikultur, teknologi, edukasi, kepenulisan, event, hingga sosial. Untuk bisa mengakomodir kebutuhan ilmu dan metode eksekusi di bebagai bidang, para peserta didampingi oleh mentor-mentor dengan latar belakang beragam. Setiap tim diberikan satu mentor pendamping, namun mereka juga bisa meminta bantuan dari mentor lain jika memiliki kebutuhan spesifik yang sesuai dengan keahlian mentor tersebut. Contohnya, tim yang memiliki kebutuhan pengembangan UI/UX, bisa berkonsultasi dengan Reza Prabowo sebagai desainer UI/UX.

Di penghujung hari minggu 12 April 2015, bagian paling menegangkan dari rentetan acara Startup Weekend Bandung pun dimulai. Para juri datang satu persatu, mereka siap untuk mendengarkan, mengkritik, memberi masukan dan menilai presentasi Mockup bisnis dari tiap peserta. Presentasi yang disuguhkan para peserta ini adalah hasil akhir dari berbagai riset, testing, desain, development dan pengembangan ide yang secara intens dilakukan oleh tiap tim dalam tiga hari terakhir. Di sinilah mereka diuji oleh para ahli dunia startup, dan dari 13 yang berusaha menjadi startup terbaik, hanya 1 yang menjadi juara.

Di tahun ini Tim Nobel sukses menjadi juara, dengan startupnya yang berusaha mengubah sistem rewarding untuk murid-murid sekolahan menjadi lebih menarik, sehingga meningkatkan semangat belajar dan dunia edukasi di Indonesia. Di posisi kedua, My home membuat sebuah bisnis yang mengubah proses mendesain rumah idaman seperti mendesain rumah di game The Sims. Sedangkan untuk juara ketiga berhasil disabut startup temanjalan, sebuah aplikasi untuk mengurangi kemacetan dengan mencari teman nebeng untuk perjalanan sehari-hari.

Namun pada akhirnya, pemenang sesungguhnya dari startupweekend manapun adalah mereka yang berhasil mengimplementasikan bisnis mereka dan mempertahankan tim. Karena setelah segala proses validasi dan pengembangan ide, yang tersisa hanya satu, yaitu aksi.

(dzm/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas