STREET SMART LALU UKURANKECERDASAN , ITU APA ? Oleh: Yanti Elvita

Kemudian seorang kawan bertanya pada Yanti ketika setengah tubuh matahari terbenam ke laut sore. Ia bertanya tentang kecerdasan dan apa ukurannya?

Sebelum menjawab, Yanti memandang ke langit yang sirah tembaga. Ada beberapa ekor burung putih di atas ombak berbuih, di pantai Bungus nan elok.

Keindahan memang asik dilamunkan dalam suasana hati yang teduh. Seteduh sore . Ya, seteduh sore di Pantai Bungus yang menjadi salah satu daya magis pariwisata Padang yang permai.

” Yanti…!” kawan tadi membuyarkan lamunan, seperti ombak pecah berlamun di bibir pantai berpasir keperakan…

Kecerdasan itu ukurannya apa?

Baiklah kawan. Biarkan Yanti menulis.

Sebagai insan, kita harus memiliki sikap terbuka dalam mengundang segala energi dan pikiran positif.

Membuka diri untuk mencari dan mendapatkan pengetahuan. Lalu mengurai pengertian pengertian dan mendapatkan pemahaman. Kadangkala pengertian lahir dari pemahaman. Paham untuk mengerti adalah bijaksana. Senantiasa nenyiapkan diri untuk menerima pengetahuan baru.

Hidup adalah perjalanan. Ia dinamis.

Semua ini mengingatkan Yanti apa yang disebut dengan ” street smart “. Proses hidup yang kita jalani adalah tempat kita mengasah kecerdasan itu sendiri.

Kecerdasan yang Yanti maksud dalam hal ini adalah kemampuan merealisasikan tujuan dan kemampuan mengatasi masalah yang memalang realisasi.

Bagi Yanti, kecerdasan adalah proses hidup dan kecakapan hidup. Yanti sependapat dengan Prof. Stenberg bahwa ukuran kecerdasan seseorang bukan soal tes akademik, melainkan praktek hidup.

Karena, hidup bukan semata teori, ia —seperti kata Rendra–pelaksanaan kata- kata. Bagi, Yanti, hidup adalah pelaksanaan pikiran dan pergerakan.

Soal street smart Bob Sadino berkata: ” Cukup satu langkah awal. Ada kerikil, saya singkirkan. Lalu, melangkah lagi. Ada duri, saya sibakkan. Melangkah lagi. Terhadang lobang, saya lompati. Melangkah lagi. Bertemu api, saya mundur. Melangkah lagi. Berjalan terus dan mengatasi masalah”.

Mari berpikir postif. Melangkah dinamis. Untuk hidup lebih optimis.

Kita optimis, 17 April 2019 adalah hari kemenangan bagi seluruh rakyat Indonesia karena telah menggunakan hak konstitusi sebagai warga negara di republik yang sangat kita cintai ini.

Hidup adalah pikiran. Hidup adalah proses . Proses adalah batu asahan kecerdasan.

Begitulah, kawan. Begitulah pemahaman Yanti.
Mudah mudahan, kawan menjadi ingat bahwa tanggal 17 April 2019 ada Yanti di 3 Dapil Padang. Yanti partai Golkar, nomor urut 3. Mohon dukungan, kawan semua….

Salam cerdas !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas