Suhanto: Wirausaha UKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Negara

Padang-today.com – Suhanto staf ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubangan antar lembaga menyatakan Wirausaha UKM memainkan peran yang sangat penting dan menjadi mesin pertumbuhan dan pengembangan ekonomi sebuah negara.

     UKM saat ini menjadi pusat perhatian baik di negara berkembang, negara-negara transisi bahkan di negara maju,”kata Suhanto di Padang.

Kemandirian, fleksibilitas dan semangat kewirausahaan UKM terbukti mampu membuat UKM bertahan mengikuti perkembangan jaman dan perubahan iklim pasar, sehingga UKM terus dapat bertumbuh dan menciptakan lapangan pekerjaan secara signifikan.

     “Pentingnya UKM terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara tentunya harus didorong dan difasilitasi agar UKM kemudian berkembang dan dapat bersaing dengan pelaku usaha di tingkat global dan di era digital saat ini,”pungkas Suhanto.

    Suhanto menyatakan, peningkatan kualitas UMKM berbasis teknologi harus segera dilakukan dan diperbanyak.

“Pelaku usaha UKM perlu dibekali dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai bagaimana berbisnis di era digital dan tidak gagap teknologi,”katanya.

Dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, potensi ekonomi digital Indonesia menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para technopreneur kelas dunia, dibuktikan dengan masuknya Alibaba ke Indonesia, melalui akuisisi Lazada.

“Hal ini menjadi peringatan bagi kita semua, bahwa pelaku usaha dari luar negara sudah melihat besarnya potensi digital ekonomi di Indonesia,”pungkas Suhanto.

Dia menambahkan, Kemendag mendorong para mahasiswa Universitas Negeri Padang agar tidak ragu-ragu menjadi entrepreneur (wira usaha), yang nantinya dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

     Banyak cara untuk mengabdi dan membangun bangsa, tidak harus menjadi pegawai negeri atau tentara, tetapi dengan menjadi wirausaha yang berhasil.

    “Tentunya kami berharap, agar adik-adik mahasiswa Universitas Negeri Padang sebagai generasi muda terus meningkatkan kreatifitas dalam industri ekonomi digital. Pemerintah siap memfasilitasi mulai dari regulasi dan kemudahan lainnya,”imbuh dia. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas