Suhatri Bur, Pariwisata di Padang Pariaman Perlu Dikemas Dengan Baik

Padang-today.com – Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, buka Pelatihan Seni Budaya dan Pariwisata dengan tema Pelestarian Seni Budaya Lokal sebagai Objek Daya Tarik Wisata Daerah, Senin (16/03) di Aula Hotel Minang Jaya Lubuk Alung yang diikuti  guru seni budaya SLTP dan  pimpinan sanggar di daerah itu.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Pembantu Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang Indra Yudha, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman, Rahmang.

Suhatri Bur, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman yang telah melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Padang Pariaman dan juga berdampak terhadap kunjungan wisatawan dengan membuat iven-iven yang berdampak peningkatan pendapatan daerah nantinya.

“Kami berharap bapak dan ibu dapat menjadi ujung tombak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam pelestarian kebudayaan sekaligus mensosialisasikan nilai-nilai kebudayaan dalam lingkungan sehari-hari sehingga kebudayaan dan nilai-nilai lokal ini dapat menjadi daya tarik masyarakat luar untuk mengunjungi Padang Pariaman,” kata dia.

Suhatri Bur menyebutkan bahwa Padang Pariaman yang memiliki kesenian tradisional dan kebudayaan yang unik ini agar dapat dikemas semenarik mungkin sehingga dunia luar mengenal dan tertarik akan kebudayaan serta kesenian yang kita miliki seperti indang dan ulu ambek yang sudah mulai dikenal luas.

Ia mengaskan seluruh peserta untuk menerapkan perilaku hidup sehat ditengah wabah virus corona atau covid-19 yang tengah meresahkan masyarakat Indonesia saat ini.

Kegiatan pelatihan Seni Budaya dan Pariwisata ini juga akan dilanjutkan pada esok hari dengan melakukan pengenalan kembali fungsi dari laga-laga yang dilaksanakan di laga-laga Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan bersama Ade Suryanda, selaku pemateri dan juga dengan menampilan kesenian Ulu Ambek. (SgR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas