Sumatera Barat Hadiri UFTR 2014 di Kemenlu RI

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Menghadiri UFTR 2014 di Kemenlu RI.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Menghadiri UFTR 2014 di Kemenlu RI.

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.com- Kementerian Luar Negeri RI c.q. Direktorat Diplomasi Publik pada hari Kamis,( 20 /11) akan menyelenggarakan kegiatan Updates from the Region (UFTR) 2014, dengan tema “Exploring the Potentials of West Sumatera Province”. Acara dibuka oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bertempat di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kegiatan Diplomasi Ekonomi Kementerian Luar Negeri yang bertujuan untuk mempromosikan potensi perdagangan, pariwisata dan investasi (TTI) Provinsi Suamtera Barat kepada korps diplomatik, kalangan bisnis dan media massa.

Acara akan dikemas dalam bentuk presentasi dan diskusi interaktif / talkshow dengan Guberur Sumatera Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc dan Presiden Direktur PT Incasi Raya, Zainal Arifin sebagai salah satu pelaku usaha di Sumatera Barat. Kegiatan ini akan dihadiri oleh para Duta Besar negara sahabat, korps diplomatik, perwakilan organisasi internasional, himpunan pengusaha bilateral RI – negara sahabat, serta media massa.

Gubernur Irwan Prayitno dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kedatangan lebih 50 orang duta besar Negara sahabat, asosiasi pengusaha, perhimpunan-perhimpunan persahabat dan para pemangku kepentingan tamu pada event ini merupakan bukti nyata bahwa Sumatera Barat merupakan tempat yang menarik bagi mereka untuk berinvestasi. Sumatera Barat yang dikenal dengan budaya Minangkabau begitu mempesona dengan besar potensi investasi serat kenikmatan kuliner masakan Padang yang terkenal keseluruh dunia.

Sumbar dalam hal potensi investasi dengan keragaman potensi sumberdaya yang dimiliki, merupaka kegiatan ekonomi yang menguntungkan terutama untuk sector-sektor unggulan diantaranya sector energy dan sumberdaya mineral, infrastruktur, pariwisata serta sector industry.

Dibidang infrastruktur tranportasi Sumbar mempunyai rencana dan menawarkan membangun jalan tol dan membangun jalan pintas kereta api. Dibidang perkebunan Sumbar mempunyai ratusan ribu ha kelapa sawit yang sangat produktif dengan potensi pengembangan industry hilir CPO, refinery CPO, maupun perdangangan langsung CPO.

Sumbar juga mempunyai banyak sekali potensi energy terbarukan seperti panas bumi, tenaga air dan bio energy. Negara maju seperti Jerman maupun Negara Uni Eropa lainnya saat ini sedang gencar mengkampanyekan penggunaan energy terbarukan atau Eco Energy. Sama dengan negera-negera maju dunia lainnya dan juga di Indonesia semua usaha yang mengalihkan penggunaan energy fosil akan mendapat kemudahan-kemudahan dari pemerintah bahkan mendapat insentif yang sangat menguntungkan.

Berdasarkan penelitian terbaru, Sumatera Barat mempunyai 17 titik sumber panas bumi geothermal, yang bila diusahakan akan dapat menghasilkan lebih dari 1.600 MW listrik. Di saat semakin mahal dan semakin langkanya bahan bakar fosil, bahkan diperkirakan ditahun 2014 akan habis, maka ekploitasi geothermal menjadi energy listrik yang sangat menjanjikan bagi investor.

Kita berharap para calon investor dapat secara langsung berintekaksi dengan kami. Dimana peluang investasi pada sector unggulan di Sumatera Barat masih sangat terbuka dengan banyaknya potensi sumberdaya yang terkandung di bumi Sumatera Barat, ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut para tamu dan hadirin juga dihibur dengan berbagai kesenian Sumatera Barat dan makan khas kulinernya.(dil/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*