Sumbar Posisi Tiga Tingkat Kerawanan Pemilu 2019

 

   Padang-today.com – Provinsi Sumatera Barat termasuk rangkin tiga tingkat kerawanan. Pemilu 2019.

“Berdasarkan indek kerawanan Pemilu 2019, Sumbar rangkin tiga tingkat kerawan,”kata Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efritrimen di Padang.

   Indeks Tingkat kerawanan  Pemilu paling tnggi yakni Papua Barat : 52,83, DI Yogyakarta : 52,14, Sumatera Barat : 51,21. Ini merupakan bentuk kesungguhan Bawaslu dalam melakukan deteksi dini terhadap pelanggaran yang kerap terjadi dalam pelaksanaan pemilu.

    “IKP 2019 merupakan upaya sungguh-sungguh dari Bawaslu untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan pemilu 2019,”jelas Surya Efritrimen.

   Surya Efritrimen menyebutkan, IKP ini adalah upaya untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini berbagai potensi pelanggaran pemilu.

    Kerawanan di dalam IPK 2019 didefinisikan sebagai segala hal yang menimbulkan gangguan dan berpotensi menghambat proses pemilu yang inklusif dan benar.

   “PK 2019 diukur berdasarkan 4 dimensi, yakni konteks sosial politik, penyelengaraan yang bebas dan adil, kontestasi dan partisipasi,”pungkasnya.

    Ia menyatakan, berdasarkan IPK 2019 tersebut, Bawaslu Sumbar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengawasi jalan Pemilu 2019.

“Peran serta aktif masyarakat termasuk Camat dan Lurah awasi Pemilu 2019 sehingga Pemilu 2019 di Sumbar jujur dan adil,”imbuhnya.

   Ia menjelaskan, peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. Termasuk pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas.

“Diharapkan pelanggaran pemilu semakin berkurang karena adanya kesadaran masyarakat dan peserta pemilu untuk tidak melakukan pelanggaran, sebagai suatu esensi dari paradigma pencegahan pelanggaran pemilu,”pungkas Surya Efritrimen.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*