Sumbar Segera Bentuk AFD Kabupaten/Kota

Pengurus AFD SUmbar.

Pengurus AFD SUmbar.

PADANG,PADANGTODAY.COM-Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumbar diminta Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) untuk membentuk AFD kabupaten/kota. Dengan permintaan itu, AFD Sumbar langsung bergerak dengan berkoordinasi langsung dengan asosiasi PSSI Sumbar.

“Tahun ini kita diminta untuk segera membentuk AFD kabupaten/kota.Permintaan AFI ini untuk lebih memperkuat organisasi yang baru lahir tahun 2014 lalu,” ujar Ketua AFD Sumbar H. Yasman Yanusar.

Untuk tahap awal pembentukan AFD kabupaten/kota ini, katanya,AFD akan berkoordinasi langsung dengan PSSI Sumbar untuk menginformasikan ke pengcab agar membentuk AFD. Selain itu, AFD Sumbar akan terus berusaha menata organisasi futsal di masing-masing kabupaten/kota. Salah satunya dengan gencar melakukan sosialisasi organisasi futsal .

Dijelaskan, sebenarnya potensi futsal di Sumbar sangat besar, karena memiliki pemain-pemain berbakat. Hanya saja, belum semua pemain diwadahi dalam organisasi yang tertata.

Karena itu perlu adanya sosialisasi untuk daerah-daerah. ”Kami harap adanya keselarasan AFD Sumbar dengan daerah-daerah. Mulai dari pola pembinaan, kompetisi, sumber daya manusia (SDM), pengelolaan anggaran, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pengembangan dan pembinaan akan berjalan dengan baik,” katanya.

Dia mengakui, secara umum kabupaten/ kota belum memiliki AFD. Yang ada hanyalah bidang futsal yang masuk dalam kelembagaan PSSI. Yasman pun berharap, setelah ini, masing-masing daerah dapat dapat memiliki AFD sehingga pembinaan futsal tertata dengan baik.

H Yasman mengingatkan, futsal masih berada satu atap di bawah PSSI dan AFC. Jadi, futsal merupakan salah satu nomor, seperti halnya sepak bola. Karenanya, bila AFD berdiri sendiri dan tidak berkoordinasi dengan pengurus PSSI, akan menyalahi aturan. Setelah berjalan dengan baik, pihaknya akan mendorong agar daerah-daerah memiliki turnamen futsal.

Tujuannya, untuk memberikan wadah kepada para pemain yang haus dengan pertandingan. Adanya turnamen juga akan merangsang pembinaan yang ada. AFD Sumbar sendiri memiliki rancangan kompetisi, layaknya Liga Nusantara di sepak bola. Hal itu mengacu pada kompetisi yang diputar tingkat nasional yang diputar.

Harapannya, jalur berjenjang, mulai dari daerah ke nasional dapat tertata dengan baik dan benar. ”Kami juga akan mensosialisasikan persiapan tim futsal Sumbar yang sudah selesai menggelar seleksi tahap awal dengan mendapatkan 20 pemain. Setelah ini akan dilakukan pemusatan latihan jangka panjang sistem promosi dan degradasi,” katanya. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*