Sumbar Target Bagi Bandar Edarkan Narkoba

Padang-today.com – Provinsi Sumbar masuk ketegori daerah jalur merah peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

“Kita berada di daerah perlintasan, yang sangat rawan dengan narkoba,”kata Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Khasril Arifin usai upacara HUT RI di halaman kantor Gubernur Sumbar.

Menurut Khasril, Provinsi Sumbar dekat dengan provinsi tegangga dinataranya Riau, Sumut ini sangat rentang bagi bandar untuk mengedarkan narkoba.

Tidak itu saja bahkan narkoba masuk dari negara tetangga, yakni Malaysia, Singapura melalui Provinsi Riau untuk diedarkan di Provinsi Sumbar.

Jenis-jenis narkoba sering masuk oleh bandar yakni ganja ada aceh melalui jalur darat, ada Medan, narkoba jenis sabu masuk dari Singapura kemudian dibawa jalur darat.

Sedangkan pil ekstasi masuk dari Sumut dan Riau untuk narkoba jenis putaw tifak masuk ke Sumbar. “Biasa para bandar mengirimkan narkoba ke Provinsi Sumbar melalui jalur laut, darat maupun jalur udara,”jelas Khasril.

Dia menambahkan, semua elemen masyarakat termasuk pemerintah harus terlibat langsung dalam pemberatasan narkoba di Provinsi Sumbar.

Tidak saja jalur perlintasan narkoba, Sumbar target bagi bandar untuk mengedarkan barang haram. “Untuk itu diminta peran serta aktif semua unsur lapisan masyarakat baik pemerintah, alim ulama, cerdik pandai untuk mencegah peredaran gelap narkoba di Sumbar,”tegas Khasril. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas