Support  1 Polisi 1 RT, Pemko Bantu Bet Lengan dan Buku Panduan

Padangpanjang—Mendukung program unggulan Polres, Satu Polisi-Satu RT yang di-louching April 2018 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang serahkan bantuan kelengkapan pendukung melalui agenda Apel Bersama di Halaman Balaikota setempat, Senin (8/7) kemarin.

Wali Kota Padangpanjang, Fadly Amran mengatakan sangat mengapresiasi program dan gagasan Kapolres AKBP Cepi Noval tersebut dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang makin terkendali dan kondusif.

Wako Fadly juga menilai,  program yang digagas Kapolres Padangpanjang itu merupakan langkah maju dari institusi kepolisian di daerah berhawa sejuk itu karena memiliki nilai spesifik dan lebih mengena ke sasaran. kehadiran langsung Polisi diluar jam dinas sejak sore hingga menjelang pagi, secara langsung dapat menekan terjadinya tindak kriminalitas di Kota berjuluk Serambi Mekah itu.

“Kepada Lurah, Camat, RT, Ninik Mamak dan tokoh masyarakat diharapkan untuk dapat mendukung sepenuhnya program yang telah digagas jajaran Kepolisian Padangpanjang ini. Program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. Program ini disebutkannya sangat strategis dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas yang semakin terkendali dan kian kondusif,” ungkap Wako Fadly.

Dikatakan Fadly, posisi geografisnya yang berada di tengah Provinsi Sumbar, Kota Padangpanjang dengan sendirinya menjadi wilayah perlintasan yang ramai dan terpadat dilalui kendaraan. Kondisi tersebut secara langsung mengkondisikan Padangpanjang menjadi kawasan yang cukup rawan dengan potensi kerawanan sosial serta tindak kejahatan lainnya.

“Kami mengetahui bahwa dalam program Satu Polisi-Satu RT ini, satu anggota kepolisian diterjunkan langsung ke tengah-tengah masyarakat, yang waktu opersionalnya dilaksanakan setelah habis jam dinas kantor, hingga menjelang pagi. Ide dan gagasan seorang Kapolres, AKBP. Cepi Noval ini, adalah terobosan yang luar biasa dan baru pertama kali di Indonesia,” ucap Fadly.

Apresiasi Pemko Padangpanjang terhadap program Satu Polisi-Satu RT ini, direalisasikan dalam bentuk bantuan penyediaan bet lengan dan buku panduan sebanyak 212 unit untuk personil kepolisian terkait. “Dengan kita berikan bantuan Bet Lengan dan Buku Panduan tersebut, akan menjadi jembatan komunikasi yang baik antara petugas dengan masyarakat,” pungkas Wako Fadly usai memasangkan bet lengan kepada perwakilan personil kepolisian.

Kapolres Padangpanjang, AKBP Cepi Noval SIk menyebut salah satu program unggulan kepemimpinannya dalam upaya maksimal menjalankan tugas dan amanah sebagai pelindung dan pengayom serta pelayan masyarakat. Khususnya terkait dengan penjaminan keamanan, program tersebut diciptakan untuk lebih dekat mengetahui kebutuhan masyarakat akan fungsi polisi.

Dikatakan Cepi, program yang telah diluncurkan sejak April 2018 silam itu dalam evaluasinya masih maksimal. Kali ini dengan dilengkapi buku panduan, personil Satu Polisi-Satu RT dalam menjalankan tugasnya selepas jam dinas akan lebih terarah. Selain berkoordinasi dengan masyarakat di lingkungan tersebut dalam hal Kamtibmas, juga membangun komunikasi dengan masyarakat terkait berbagai hal.

“Melalui buku panduan yang telah kita susun dan dibantu Pemko untuk pengadaannya, setiap personil telah mengantongi perihal pelayanan yang dibutuhkan masyarakat. Meski tidak stay 24 jam, namun wajib selepas jam dinas melakukan kunjungan ke rumah-rumah warga. Baik bersama dengan pengurus RT ataupun sendiri,” ucap Cepi seraya berharap masyarakat lebih merasa aman dan terlayani.

Pada kesempata itu, Cepi menyebut dengan keterbatasan jumlah personil yang ada di Polres Padangpanjang, tugas satu Polisi bisa menangani dua wilayah RT. “Apa lagi baru-baru ini, sebanyak 8 personil kita juga bergeser ke Mapolres lain. Namun kita tetap yakin dapat bekerja maksimal, sembari mengusulkan tambahan personil ke Mapolda,” pungkas Cepi.

Pada kesempatan itu, selain oleh Wako Fadly, pemasangan Bet Lengan juga dilakukan oleh Ketua DPRD Padangpanjang Novi Hendri dan penyerahan buku panduan personil oleh Wakil Wali Kota Drs Asrul kepada perwakilan Satu Polisi-Satu RT. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas