Surau dan Masjid Sarana Membentengi Remaja

PARIAMAN, PADANGTODAY.COM- Peran serta semua masyarakat dalam mempergunakan dan memafaatkan surau sebagai benteng dari kemaksiatan dan kenakalan remaja yang marak terjadi saat ini sangat menentukan.

Advertisements

“Surau atau masjid dalam suatu daerah mencerminkan prilaku dan sikap dari daerah bersangkutan. Kita sangat bangga dengan masyarakat Palak Pisang Tumbuh Desa Maunggi yang kembali membangun surau kampungnya yang sempat roboh, akibat gempa tahun 2009 lalu,” kata Walikota Pariaman melalui Staff Ahli bidang Pemerintahan H Efendi Jamal, Selasa (12/8).

Katanya, gempa besar di Sumatra Barat lalu, banyak surau atau rumah ibadah yang belum direnovasi, seperti surau Palak Pisang Tumbuh Desa Marunggi. Beruntunglah masyarakat disini kembali membangun suraunya yang roboh, karena musibah gempa.

Dengan dibangunya kembali surau Palak Pisang ini, semoga dapat menambah khusyuk masyarakat yang beribadah dan dapat menggunakannya untuk kegiatan lain, seperti tempat mengaji dan musyawarah.

Surau Palak Pisang yang terletak di Dusun Tanah Tumbuh ini telah berdiri sejak 70 tahun yang lalu. Adapun pembangunannya dilakukan secara swadaya masyarakat, baik rantau dan kampung halaman yang berasal dari Desa Marunggi

Pengurus surau Suhaimi menyatakan, untuk pembangunan surau ini diperlukan dana Rp676 juta. Sehingga pengurus mengharapkan kepada pemerintah daerah dapat mengalokasikan dana untuk percepatan pembangunan surau ini.

“Dengan menginfaqkan harta kita untuk pembangunan mesjid atau surau, maka kita akan dibuatkan rumah juga nantinya di syurga oleh Allah SWT. Semoga pembangunan kembali surau Palak Pisang dapat dilaksanakan secepatnya selesai,” tambahnya,” terangnya. (nur)