Susi Pudjiastuti Mendapatkan Kabar Gembira Bahwa Sektor Perikanan Kita Tumbuh 8,91%

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Advertisements

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapatkan kabar gembira di ruang kerjanya di gedung Mina Bahari I, Jakarta. Kabar gembira itu datang setelah ia mendapatkan laporan dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Ada berita gembira. Pak Sekjen dapat ucapan selamat dari BPS. Sektor perikanan kita tumbuh 8,91% di kuartal terakhir 2014, melebihi sektor lainnya yang hanya tumbuh 5,01%,” kata Susi sambil tersenyum bahagia, Kamis (5/03/2015).

Peningkatan sektor perikanan, lanjut Susi, diduga karena aturan pengetatan penangkapan dan pemberantasan praktik pencurian ikan (illegal fishing). Sambil bercanda, Susi ingin prestasi ini ia laporkan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil agar ia mendapatkan dana kompensasi untuk mensejahterakan nelayan.

“Ini terdongrak naik di kuartal terakhir 2014. Angka seperti itu sangat rill, ada peningkatan. Kita minta apresiasi ke Menko, minta tambahan uang. Sektor perikanan mencuat luar biasa. Angka ini tertinggi dalam sejarah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” paparnya.

Namun, Susi mengakui khususnya pada Februari dan Maret 2015 ada beberapa jenis ikan yang mengalami kenaikan harga seperti kembung, mas, hingga bandeng. Kenaikan harga disebabkan karena tingginya permintaan dan stok yang terbatas akibat musim paceklik. Tetapi secara umum, harga ikan nasional turun dan menyumbang deflasi.

“Setahu saya dari BPS harga ikan turun, ikan menyumbang deflasi. Mungkin ada beberapa jenis yang peceklik. Ikan teri dan tongkol itu kan musiman. Secara general harga ikan turun,” jelasnya.

(wij/hds/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*