Swakarsa Dilaksanakan Oleh Masyarakat Dalam Bentuk Ronda Kampung

Kapoles Pariaman AKBP Gandung D Wardoyo Didampingi Wakapolras dab Kabag OPS.

Kapoles Pariaman AKBP Gandung D Wardoyo Didampingi Wakapolras dab Kabag OPS.

Advertisements

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Walikota Pariaman H Mukhlis R menyatakanm kiprah satuan pengamanan hingga kini sangat tinggi peran dalam mendukung pelaksanaan tugas polri memelihara stabilitas kamtibmas dalam wilayah hukum Polres Pariaman.

“Secara historis, sebelumnya lahirnya kepolisian modern, pengamanan terhadap diri , keluarga maupun harta benda dilakukan oleh tiap-tiap anggota masyarakat yang di kenal dengan pengamanan swakarsa,” kata H. Mukhlis R saat menjadi inspektur dalam HUT Satpam di Mapolres Pariaman, mejelang tutup tahun 2014, kemarin.

Katanya, dalam implementasinya di Indonesia, pengamanan swakarsa dilaksanakan oleh masyarakat dalam bentuk ronda kampung yang kemudian diatur sebagai system keamanan lingkungan (siskamling).

Setelah proklamasi kemerdekaan katanya, seluruh masyarakat berjuang mempertahankan melalui wadah masing–masing, baik dalam kesatuan bersenjata, dapur umum, palang merah, maupun wadah lainya yang dikenal dengan system pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).

“Ke depan kita meminta pengamanan tersebut terus ditingkatkan. Sehingga Kota Pariaman selalu aman dan terkendali. Kalau telah demikian masyarakat Kota Pariaman dalam menjalankan roda perekonomiannya juga berjalan lancar,” tandasnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*