Tahun 2015 AFD Sumbar Gelar Kompetisi Berjenjang

Turnamen Specs IV.

Turnamen Specs IV.

Advertisements

Padang, PADANGTODAY.com-Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumatra Barat tahun 2015 bakal menggelar kompetisi berjenjang diberbagai tingkatan usia untuk kategori putra dan putri.

Ketua AFD Sumbar, H. Yasman Yanusar kepada wartawan, Selasa (25/11) di arena futsal Rafhely By Pass mengatakan, meski belum ada kepastian dari Asosiasi Futsal Indonesia menyangkut pemutaran kompetisi tersebut karena hingga sekarang masih dalam tahap pembahasan, namun wacana gelaran sudah mengapung dan berkemungkinan besar bakal di tabuh di masing-masing AFD.

Hal itu lanjutnya, merupakan bagian dari pembinaan pemain baik putra dan putri mulai dari junior hingga senior yang nantinya dipersiapkan ke level nasional.

“Asosiasi Futsal Daerah (AFD) Sumbar pada tahun 2015 nanti bakal memutar liga amatir U-16, U-19, U-21 putra dan putri sementara U-23 amatir khusus putra. Namun hingga sekarang kompetisi tersebut sedang dalam tahap pembahasan di AFI,” ujar Yasman.

“Hanya saja karena kita di Sumbar tidak memiliki akademi U-16 maka kita berencana memutar kompetisi tingkat SMA sederajat, sementara U-19 tingkat Mahasiswa,” lanjutnya.

Untuk itu Yasman berharap SMA dan Perguruan Tinggi mulai dari sekarang sudah membentuk tim baik putra dan putri yang nantinya turun pada kompetisi yang di gelar di lapangan berstandar internasional tersebut.

“Kompetisi merupakan ajang seleksi pemain di masing-masing daerah yang nantinya diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF dan AFC. Selama ini Indonesia belum pernah mengirim tim pada kejuaraan U-16, U-19, U-21 dan U-23. Untuk itu badan Timnas bakal memutarnya sebagai sarana menjaring pefutsal berbakat putra dan putri di tiga kategori ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Yasman menghimbau kepada tim masing-masing kabupaten dan kota untuk segera mendaftarkan diri ke AFD untuk mengikuti Liga Nusantara.

Saat ini baru 8 tim di Sumbar yang baru terdaftar dan bakal berkompetisi tahun depan. “Kita juga mengundang perusahaan swasta yang memiliki klub untuk segera mendaftar ke AFD Sumbar sehingga bisa turun di Liga Nusantara nantinya,” tutup Yasman Yanusar. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*