Tahun 2020, UMKM/IKM Diharapkan Naik Kelas

  Padang-today.com – Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengharapkan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) diharapkan naik kelas pada tahun 2020

  ” Kita tentu berharap mungkin ada UMKM atau IKM di Kota Padang yang selama ini jangkauan pasarnya masih bersifat lokal, ke depan bisa naik kelas ke tingkat provinsi bahkan nasional ataupun mancanegara,”kata Mahyeldi Ansharullah di Padang.

   Menurut Mahyeldi, persyaratan-persyaratan dan penguatan untuk upaya itu sangat perlu dilakukan. Dimana yang sangat serius dalam hal ini adalah ‘collector’ yang akan mengcollect produk-produk BUMN yang ada di tengah masyarakat.

   Bagaimana mengorganisir sekaligus membuka pasar secara bersama-sama dengan pemerintah daerah dan pihak terkait.

   “Collector ini juga nanti akan menginternalisasi produk-produk ini sesuai kelengkapan yang mesti dibutuhkan. Seperti label halal, sertifikasi dan segala macamnya. Sehingga segala sesuatunya lebih kuat dan berjalan optimal,” ungkap dia.

    Sementara itu Endrizal Kadis Perindag Padang menyatakan UMKM di Padang sudah tumbuh kembang.

   “Sekarang ini sudah ada sekitar 82 ribu UMKM dimana sebelumnya sekitar 72 ribu UMKM di Padang, UMKM di Padang didominasi makan ringan, kemudian kerajinan,”kata dia.

   Disperindag terus melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM di Padang, sehingga nantinya tahun 2020 UMKM naik kelas.
Selama ini di Kota Padang sudah melakukan penguatan terhadap perkembangan UMKM

  “Cukup banyak tempat di Kota Padang ini yang sudah bergerak UMKM-nya di beberapa tempat strategis seperti di pasar, tempat wisata dan lain-lainnya. Dan hal itu menunjukkan pada kita bahwa telah  terjadi peningkatan signifikan terhadap perkembangan,”pungkas Endrizal

   Disisi lain Rustam Ketua Panitia workshop menyatakan sudah selayaknya UMKM di Padang naik kelas.

    “Pelaku UMKM tidak saja memasarkan di lokal namun harus bisa menembus pasar Internasional,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas