Tanah Datar Peringati Tahun Baru 1 Muharram 1436

Fhoto-GIRD

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Pemda bersama masyarakat kabupaten Tanah Datar bertekad untuk memperingati Tahun Baru Hijriah semeriah mungkin, Jumat dan Sabtu 24-25 Oktober 2015, kegiatan puncak dipusatkan di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Rangkaian peringatan menyambut tahun baru Islam yang diberi nama Festival Muharram akan diselenggarakan semeriah mungkin, untuk penyelenggaraannya juga teldibentuk kepanitiaan yang di SK kan Bupati Tanah Datar, Shodiq Pasadiqoe

Rangkaian kegiatan Festival Muharram ini sudah dimulai sejak tanggal 19 Oktober, yaitu lomba pelaksanaan Didikan Subuh se kabupaten Tanah Datar di kawasan mesjid Nurul Amin Pagaruyung, kegiatan ini berlangsung sukses. Kegiatan selanjutnya Kamis 23-10 lomba Cerdas Cermat Tingkat SD/MI se Sumatera Barat di SMPN 5 Batusangkar, Festival Qasidah dan Bintang Qasidahn serta lomba MSQ (Mushabaqah Syarhil Quran) se Tanah Datar di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Pada hari Jumat (24-10) merupakan acara puncak pertukaran tahun baru Islam 1 Muharram 1436 H di lapangan Cindua Mato Batusangkar yang diawali dengan shalat Ashar berjemaah yang dihadiri Bupati, Wabup, DPRD, Muspida, SKPD, organisasi Islam, serta majelis Taklim se Tanah Datar. Detik-detik peringatan tahun baru Islam disamping acara serimonial juga shalat Magrib berjemaah yang diawali dengan pemukulan beduk dan azan.

Usai shalat Magrib dilanjutkan dengan Magrib mengaji, Bupati M.Shadiq Pasadigoe, Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi, Ketua dan anggota DPRD, Muspida serta yang hadir dilapangan Cindua Mato itu melaksanakan program Magrib mengaji, dan pada waktu itu juga sekaligus dihimbau agar masyarakat mengikuti kegiatan ini ditempat masing-masing sekaligus untuk menindaklanjuti dan mensukseskan program Magrib mengaji yang telah dicanangklan Menteri Agama RI dua tahun lalu.

Antara Magrib dan Isha itulah dilaksanakan Magrib mengaji dan selanjutnya shalat Isha berjemaah, selesai shalat Isha dilanjutkan dengan Tabligh Akbar dan hiburan gambus yang bersifat Islami.

Esok harinya Sabtu 25/10 direncanakan akan dilaksanakan apel didikan subuh se Tanah Datar dilapangan Cindua Mato Batusangkar, kegiatan ini akan dihadiri setidaknya 25 ribu santri TPA/TPSA serta gurunya se Tanah Datar, usai acara apel didikan subuh kegiatan dilanjutkan dengan pawai takruf keliling kota Batusangkar (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas