Tanah Datar Segera Gelar Pesta Budaya Masyarakat Minangkabau.

Igosok makam bajamba.

Igosok makam bajamba.

Advertisements

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Event nasional dalam rangka peningkatan pariwisata di daerah tanah datar yang terkenal dengan julukan Batusangkar kota budaya, satu bulan lagi akan di laksanakan. Kegiatan yang telah di jadwalkan rabu 19 s.d Sabtu 22 November 2014 bertajuk FESTIVAL PAGARUYUNG VI dan APRESIASI SENI.

Festival yang sempat terhenti selama 7 tahun berturut-turut disebabkan Istano Basa sebagai icont wisata tanah datar mengalami kebakaran hebat akibat sambaran petir di puncak istana yang menghanguskan bangunan tiga tingkat ini tanggal 27 Februari 2007 lalu.

Setelah icont wisata Luhak nan tuo ini di rehab dan di resmi kan kembali oleh presiden SBY september 2013, maka tahun 2014 festival akbar yang menampilkan pesta budaya dan seni minangkabau siap di gelar kembali.

Event seni budaya kebanggaan masyarakat tanah datar ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada kelompok seni dan budaya minangkabau untuk unjuk gigi menampilkan karya budaya minang yang sangat apik dan terkenal sampai kepelosok dunia seperti randai, tarian minang dan saluang, disamping itu berbagai festival dan lomba, pagelaran makanan khas, dan cenderamata lokal juga akan mengisi gelaran festival akbar ini.

Berbagai daerah di sumatera barat, luar provinsi Sumbar dan negara tetangga Malaysia akan memeriahkan gelaran festival ini.

Festival Randai, qasidah rebana, saluang jo dendang, tari kreasi antar kabupaten kota se sumatera barat akan dilaksanakan di antara banyak acara yang akan di gelar nanti, ujar Marwan, SE Kadis buparpora kabupaten Tanah Datar.

Selain gelaran lomba seni dan budaya, serta pawai budaya dan pameran produk unggulan untuk daerah tanah datar dan sumatera barat nantinya, kegiatan apresiasi seni yang tak kalah menariknya adalah pagelaran seni salingka nagari tanah datar dan pagelaran seni rumpun Melayu meliputi Daerah Riau, Jambi, Sumatera utara dan negara tetangga kita Malaysia akan turut berpartisipasi tahun ini, tambah Marwan, SE. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*