Tanah Datar Sosialisasikan Izin Usaha Jasa Layanan Internet

Sosialisasi Dishubkominfo tetang usaha jasa internet di Tanah Datar.

Sosialisasi Dishubkominfo tetang usaha jasa internet di Tanah Datar.

Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Pemda Tanah Datar melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) menyelenggarakan acara sosialisasi Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 28 Tahun 2013 Tentang Izin Usaha Jasa Layanan Internet kepada para pengelola warnet di wilayah 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Lima Kaum, Tanjung Emas, Rambatan dan Sungayang, Selasa (2/12).

Acara yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Lima Kaum ini dihadiri 50 orang peserta yang terdiri dari para pengusaha/pengelola warnet serta instansi terkait. Acara ini dibuka oleh Kepala Dishubkominfo Kabupaten Tanah Datar, Ir. Daryanto Sabir, M.Si, menghadirkan nara sumber dari Kepala Satpol PP Kabupaten Tanah Datar dan Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tanah Datar. Materi sosialisasi meliputi pembinaan perizinan usaha jasa layanan internet, ketertiban umum dan penegakan hukum.

“Saya sangat prihatinan dengan banyaknya anak-anak yang selama ini telah menjadi korban dari penggunaan internet yang tidak tepat sasaran dan cendrung mereka salah gunakan, dan kita minta kepada para pengusaha/pengelola warnet dan yang hadir untuk lebih memperhatikan anak-anak dan memberikan perlindungan dari penggunaan internet yang tidak sehat, “ujar Daryanto.

Di wilayah Kabupaten Tanah Datar terdapat 101 warnet. Namun, belum seluruhnya memiliki kelengkapan legalitas yang diperlukan. Sementara itu untuk Tanah Datar telah ada Peraturan Bupati Tanah Datar Nomor 28 Tahun 2013 tentang Izin Usaha Jasa Layanan Internet.

Beberapa poin penting yang diatur dalam peraturan tersebut adalah pengelola warnet tidak dibolehkan menyekat warnetnya melebihi 40 cm dari permukaan lantai agar tidak disalahgunakan, memasang filter-filter untuk membatasi akses pada situs-situs yang dilarang dan berbahaya. Selain itu, pengusaha warnet diharapkan untuk membatasi anak-anak mengakses internet selama jam sekolah. Apabila siswa berkunjung pada jam sekolah, diharuskan untuk menunjukkan surat ijin atau pemberitahuan dari sekolah untuk keperluan tugas sekolah.

Dari hasil sosialisasi diharapkan nantinya para pengelola warnet dapat membentuk semacam asosiasi pengusaha warnet di Kabupaten Tanah Datar sebagai wadah komunikasi antara pengelola warnet dengan pemerintah daerah.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*