Tanahdatar Terus Membangun, Shadiq Apresiasi Warga

upati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe.

upati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe.

PADANGTODAY.COM-Memasuki sepuluh tahun kepemimpinan Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan perantau kabupaten Tanah Datar.

Ikut hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan Altri Suandi, Pimpinan SKPD se-kabupaten serta peserta Rakor seluruh Wali Nagari, KAN, BPRN, SKPD kecamatan, kepala Sekolah dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Shadiq juga mengucapkan terima kasih secara pribadi atas dukungan kepada Ny. Betty Shadiq Pasadigoe yang telah di percaya masyarakat Tanah Datar khususnya dan Sumbar umumnya atas kepercayaan untuk mewakili aspira masyrakat ke DPR RI pada pemilihan calon legilatif bulan April lalu.

Bupati Shadiq juga mengingatkan kepada masyarakat Berkaitan dengan fenomena sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat akhir-akhir ini, minta kepada seluruh orang tua untuk selalu mengawasi anak dan keluarga agar terhindar dari segala bentuk perbuatan negatif, sebab pengawasan itu dimulai dari rumah tangga.

Kabupaten Tanah Datar dinilai oleh Propinsi sebagai penyelenggara pendidikan terbaik dari 12 kabupaten di Sumbar, prestasi ini diperoleh sudah 3 tahun berturut-turut yang diukur dengan lulus terbanyak di Perguruan Tinggi Negeri, prestasi ini juga diikuti dengan kebijakan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa/siswi berprestasi yang berasal dari keluarga miskin, ungkap Bupati Shadiq.

Pada saat yang sama Bupati Shadiq juga mengharapkan Kepada pimpinan SKPD terkait, masalah Pendidikan Bupati Shadiq mengharapkan untuk segera mengajukan Ranperda tentang pendidikan agar segera dijadilan Perda kabupaten Tanah Datar yang bertujuan untuk memajukan pendidikan di Luhak Nan Tuo terutama bagi keluarga yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Workshop Nasional IAKMI

Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe membukan Workshop Nasional IAKMI The Miracle of Public Speaking For Succes di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe membukan Workshop Nasional IAKMI The Miracle of Public Speaking For Succes di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe membukan Workshop Nasional IAKMI The Miracle of Public Speaking For Succes di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar.

M Shadiq Pasadigoe sampaikan beberapa hal penting seperti program jangka menengah Kabupaten Tanah Datar, sebagai sasaran strategisnya yaitu pembangunan dibidang kesehatan dengan meningkatkan kualitas kesehatan penduduk.

Hal tersebut sebagai implementasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan berupa pembangunan dan rehabilitasi tempat pelayanan kesehatan,penyediaan peralatan pendukung pelayanan kesehatan, peningkatan pelaksanaan upaya promotif, preventif maupun kuratif dan rehabilitatif serta upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia berupa peningkatan pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan keterampilan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Shadiq jelaskan, satu hal yang mesti dimiliki oleh setiap tenaga kesehatan yakni kemampuan berbicara dan berkomunikasi dengan masyarakat sehingga pesan yang disampaikan benar-benar bisa dimengerti dan dipahami, karena tenaga kesehatan akan langsung berhadapan dengan masyarakat.

Mengingat pentingnya kembali menggali ilmu dalam berkomunikasi, bupati Shadiq beri apresiasi kepada Ikatan Akhli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) cabang Tanah Datar mengingat seminar dan workshop nasional dengan topik “Miracle of public speaking for succes” ini, sehingga nantinya akan muncul tenaga-tenaga kesehatan yang andal dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat dan tenaga kesehatan yang dapat menyampaikan pesan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kepada narasumber bupati ucapkan terima kasih dan semoga dapat memberikan ilmu kepada seluruh peserta yang hadir dari berbagai wilayah di Sumatera Barat ini, tambah bupati pada semua peserta selamat menikmati wisata alam, kuliner dan adat mupun budaya minangkabau di tanah datar. Himbau bupati pada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan seminar yang dilaksanakan selama dua hari ini dari tanggal 11-12 Februari dengan penuh kesungguhan sehingga ilmu yang diserap dapat diaplikasikan ditempat kerja masing-masing dan pada akhirnya dapat meraih kesuksesan dalam menjalankan tugas.

Sementara itu dr Adang Bachtiar, MPH, ScD pada kesempatan yang sama memunculkan suatu slogan “Kesmas itu Miracle” yang mengangkat tentang peran salah satu tenaga kesehatan yaitu Ahli Kesehatan Masyarakat. Sebelum pembukaan secara resmi oleh bupati, acara diawali dengan pelantikan pengurus IAKMI kabupaten/kota se Sumatera Barat. Turut hadir pada acara tersebut Sulistyawan, SKM, M.Kes Ketua MKTI, DR.Drs. Nana Mulyana, SKM, M.Kes Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Sumbar, Prof.DR. Dr. Rizanda Mahmud, M.Kes ketua PPPTKI Prov. Sumbar, Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, MPd, M.Si ketua Pengda IAKMI Prov. Sumbar, dan Kepala SKPD terkait.

Dikunjungi DPRD Sumbar

17 orang anggota Komisi IV DPRD Sumbar yang dipimpin langsung Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim mengunjungi kabupaten Tanah Datar, rombongan ini diterima Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi di Aula Kantor Bupati.

17 orang anggota Komisi IV DPRD Sumbar yang dipimpin langsung Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim mengunjungi kabupaten Tanah Datar, rombongan ini diterima Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi di Aula Kantor Bupati.

Pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, 17 orang anggota Komisi IV DPRD Sumbar yang dipimpin langsung Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim mengunjungi kabupaten Tanah Datar, rombongan ini diterima Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi di Aula Kantor Bupati, Selasa (10-2).

Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan, Tanah Datar terletak ditengah-tengah propinsi Sumatera Barat yang luasnya 133.600 ha dan jumlah penduduk 361.000 jiwa. Karena letaknya ditengah-tengah ada tujuh pintu masuk ke kabupaten Tanah Datar.

Secara umum pembangunan kabupaten Tanah Datar cukup berhasil, dilihat dari pertumbuhan ekonomi sebesar 5,93, umur harapan hidup 71 tahun, jumlah penduduk miskin 5,77 %, angka ini lebih baik dari angka rata-rata Sumatera Barat.

Harapan Wabup Irdinansyah Tarmizi, karena keterbatasan anggaran di Tanah Datar maka besar harapan kepada Pemda Propinsi Sumatera Barat untuk membangun kabupaten Tanah Datar. Infra struktur yang mendesak perlu diatasi segera masalah jalan Koto Baru yang sering macet, pelebaran jalan dari Kubu Karambie ke Batusangkar, pelebaran jalan simpang baso ke Tanjung Alam dan Piladang, ketiga ruas jalan ini merupakan jalan padat lalu lintas.

Begitu juga jalan Batusangkar-Sitangkai dan Batusangkar-Sawahlunto perlu pelebaran dan pengaspalan karena kondisinya sudah rusak, kemudian jalan alternatif dari Panyalaian ke Koto Laweh menuju Pandai Sikekek sampai ke Koto Baru, jalan ini sangat diperlukan apabila jalan negara ke Bukittinggi di Koto Baru macet. Disamping prasarana jalan juga harapan bantuan pembangunan irigasi.

Sementara itu Ketua DPRD Hendra Irwan Rahim menyampaikan, pada tahun 2015 ini ada anggaran untuk Tanah Datar sebesar Rp.22,8 milyar, terdiri dari PSDA Rp.5 milyar dan untuk prasarana jalan Rp.17,5 milyar. Dijelaskan antisipasi macet di koto baru sangat prioritas karena ini jalan utama Sumbar.

Bangun SLBM

Irdinansyah Tarmizi

Irdinansyah Tarmizi

Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menanda tangani prasasti peresmian dan penguntingan pita pembangunan Sanitasi Masyarakat di Mesjid Hubbul Islah jorong Piliang Nagari V Kaum, Rabu, (11/02).

Pembangunan sarana melalui Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) tahun anggaran 2014 itu memakan biaya Rp. 210.170.600,- dari dana pemerintah pusat melalui DAK, APBD Tanah Datar dan Swadaya Masyarakat. Jorong Piliang merupakan salah satu jorong yang mendapatkan dana SLBM tahun anggaran 2014 dari 12 jorong yang terpilih di Kabupaten Tanah Datar.

Acara yang dihadiri Camat V kaum, Wali Nagari V Kaum, Dinas Pekerjaan Umum, Ketua Kerapatan Adat V Kaum, Kepala Jorong Se- Kec. V Kaum dan masyarakat Jorong Piliang itu diawali dengan laporan dari ketua Sanitasi masyarakat jorong Piliang Romi Hendra.

Meriyaldi Wali Nagari V Kaum yang juga ketua persatuan Wali Nagari se – Kabupaten Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Tanah Datar atas kesediaannya untuk meresmikan program Sanitasi di Jorong Piliang ini. Wali nagari juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah karena telah memilih 2 jorong di Nagari V Kaum (piliang dan Koto Gadih) untuk pelaksanaan Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) tahun anggaran 2014. Pada kesempatan itu Meriyaldi juga menyampaikan permintaan maaf jika ada kesalahan baik sengaja maupun tidak dan jika ada permintaan masyarakat yang belum terpenuhi, baik secara pribadi maupun kelembagaan, berhubung masa jabatannya yang akan berakhir kurang lebih satu bulan lagi.

Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan apresiasi den penghargaan kepada Masyarakat dan Wali Nagari V kaum serta lembaga unsur atas semua prestasi yang telah diraih Nagari V kaum baik ditingkat Pusat, Provinsi maupun ditingkat Kabupaten. Wakil Bupati menyampaikan “ berbicara Sanitasi, berarti berbicara tentang cara hidup sehat untuk itu dengan diresmikannya Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat ini diharapkan supaya masyarakat jorong Piliang memanfaatkan fasilitas dengan baik”. Wakil bupati juga menyampaikan beberapa kondisi sosial yang berkembang serta hal-hal penting untuk menyikapi kondisi tersebut.

Sebelum melaksanakan makan bersama dan Shalat Dzuhur, Wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menandatangani Prasasti pembangunan sarana melalui Program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) tahun anggaran 2014 itu dan melakukan penguntingan pita. Semoga sarana yang telah dibangun dan dikerjakan secara Swakelola oleh masyarakat itu dapat dimanfaatkan dengan baik.(can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas