Tandatangan Digital Memudahkan Dan Melancarkan Program Pemerintah

Padang Panjang, Padang-Today.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Panjang adakan Sosialisasi Tandatangan Digital di Aula Pondok Desain dan Promosi Senja Kenangan Bukit Surungan, Jum’at (21/12).

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA didampingi Pejabat Sekda Martoni, S.Sos, M.Si dan diikuti oleh seluruh Kepala OPD se- lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang dengan narasumber dari Diskominfo Provinsi Sumatera Barat Lizda Handayani, M. Kom.

Fadly menyebutkan, Selama ini Pemerintahlah yang mencari inovasi, berbeda dengan sekarang dimana Pemerintah yang ditawarkan sebuah inovasi mengenai tandatangan digital oleh Diskominfo Sumbar.

“Alhamdulillah kita ditawarkan sebuah inovasi tandatangan digital, saya yakin ini merupakan sebuah inovasi yang akan memudahkan dan melancarkan program Pemerintah kita”, ujar Fadly.

Tandatangan digital merupakan sebuah inovasi yang memudahkan Pemerintah untuk kelancaran administrasi.

“Biasanya kita mengajukan Telaah Staf (TS) atau semacam keperluan surat menyurat yang ditandatangani, tidak perlu lagi kertas print karena sudah ada aplikasi untuk menyimpan data tersebut”, terang Fadly.

Seiring perkembangan tekhnologi saat ini, inovasi yang ditawarkan akan menjadi kewajiban baru untuk Pemerintah, kalau tidak mengikutinya mungkin Pemerintah Kota Padang Panjang akan tertinggal jauh dari daerah lain.

“Mari sama-sama kita belajar mengunakan ini dan langsung kita terapkan”, tutup Fadly.

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Marwilis, SH, M.Si menerangkan, dalam dunia digital keamanan data dan informasi menjadi suatu yang sangat vital dan paling diutamakan untuk itu perlu adanya upaya pengamanan dan keselamatan data serta informasi dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh Pemerintah maupun masyarakat.

Tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk memberikan penjelasan awal kepada seluruh perangkat daerah tentang pentingnya keamanan informasi serta mengenalkan konsep pengamanan informasi melalui sertifikat atau tandatangan digital.

“Melalui kegiatan ini kita harap akan muncul kesadaran dari kita bahwa menjaga data itu penting baik pribadi kita atau data bersama”, kata Marwilis.

Semoga seluruh pimpinan dan perangkat daerah Kota Padang Panjang dapat mengimplementasikan inovasi dengan baik serta menerapkannya di dinas masing-masing. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas