Tarif Air Naik, Warga Bekasi Mengeluh

Tarif Air  PDAM Bekasi naik.

Tarif Air PDAM Bekasi naik.

Advertisements

PADANGTODAY.com-Tarif air di PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi bakal naik sebanyak 20 persen dalam waktu dekat ini. Tapi, mayoritas pelanggan mengaku keberatan dengan kenaikan itu, lantaran kenaikan tarif tidak dibarengi dengan peningkatan mutu pelayanan yang dijalankan oleh pihak PDAM Tirta Bhagasasi.

Humas PDAM Tirta Bhagasasi, Endang Kurnaen, mengatakan, surat pengajuan penyesuaian tarif sudah dikirim ke dua pemerintah yakni Kota dan Kabupaten Bekasi sebagai pemilik perusahaan. “Dewan Pengawas sudah setuju penyesuaian tarif,” kata Endang, Selasa (28/10).

Adapun dasar untuk menyesuaikan tarif tersebut, antara lain harga pokok produksi sebesar Rp 5.015 per kubik berdasarkan audit BPKP tahun 2013. Selain itu, peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 23 tahun 2006 kaitannya dengan penyesuaian tarif sekurang-kurangnya selama empat tahun.

Selain itu menurut dia, biaya operasional cukup tinggi. Namun demikian, Endang tak merinci sejumlah biaya operasional tersebut. Yang jelas, kata dia, penyesuaian tarif untuk peningkatan pelayanan. “Mengganti kontinitas, kualitas air, perbaiki jaringan pipa, dan memenuhi kebutuhan jaringan pipa,” ujar dia.

Endang mencatat, jumlah pelanggan PDAM di Kota dan Kabupaten Bekasi mencapai 183 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan, pihaknya memproduksi air bersih sebanyak empat juta kubik per bulan. Adapun, harga bahan baku air bersih dari Perusahaan Umum Jasa Tirta II saat ini sebesar Rp 85 per kubik.

Tapi, kenaikan tarif membuat Pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi keberatan. Soalnya, pelayanan dianggap masih belum maksimal. “Kalau pelayanan sudah baik, dinaikkan tidak masalah,” kata seorang pelanggan di Rawalumbu, Denny Brata (32).

Menurut dia, persoalan yang kerap muncul dan dikeluhkan pelanggan, misalnya curah air yang sedikit. Bahkan, pernah tidak mengalir sama sekali. Padahal, kata dia, air bersih sangat dibutuhkan di tempat tinggalnya.

Ia menambahkan, kualitas air juga kurang bagus, sering keruh, dan mengeluarkan pasir. Karena itu, ia sangat keberatan. Apalagi, sejumlah biaya lain dinaikan oleh pemerintah. “Listrik sudah naik, sebentar lagi BBM mau naik,” katanya.(dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*