Telkom Kembali Melakukan Inovasi Terhadap Program .

Ilustrasi

Ilustrasi

PADANGTODAY.COM – Berangkat dari program IndiSchool yang diluncurkan tahun 2013, kini Telkom kembali melakukan inovasi terhadap program tersebut. IndiSchool yang pada mulanya fokus pada penyediaan akses WiFi di sekolah-sekolah, hingga saat ini telah berhasil terpasang lebih 23.000 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kini program tersebut dikembangkan menjadi IndiSchool-SMART (Sistem peMbelajaran dengan Akses Real digiTal) di mana layanan tidak lagi berbatas pada connectivity saja namun dikombinasikan dengan penyediaan content dan pengelolaan community.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan jika konsep 3C lah yang menjadi pijakan Telkom dalam mengembangkan dunia pendidikan. Konsep 3C itu adalah Connectivity, Content, dan Community.

Soal Connectivity, hingga saat ini telah terpasang dilebih 23 ribu dengan aksesibilitas WiFi hingga 10 MBps per-sekolah. Kemudian soal Content, pijakan yang satu ini didasarkan pada jumlah usage dan user semakin meningkat sehingga menuntut Telkom untuk menyediakan Content yang lebih kaya, lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa didik.

Selanjutnya, C ketiga berupa Community. Dari penyediaan akses internet, Wi-Fi IndiSchool didukung dengan tarif Rp 1.000 per 24 jam.

“Sebagai contoh, selain akses WiFi IndiSchool yang terpasang di sekolah-sekolah, kami juga memasang fasilitas yang sama di perpustakaan daerah bekerjasama dengan Coca-Cola Foundation atau yang dikenal dengan program PerpuSeru, yang hingga saat ini telah dinikmati 5.043 pelaku komunitas UKM daerah. Apalagi di sekolah-sekolah, jumlah angka komunitas yang menikmati telah mencapai sekitar 1 jutaan orang.” ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin.

Angka 1 juta tersebut berdasarkan siswa didik dan pelaku pendidikan yang mengakses langsung menggunakan Wi-Fi IndiSchool. Angka usage dan user semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya konten yang disediakan, seperti Zenius aplikasi pembelajaran siswa dan aplikasi bimbingan belajar dari RajaBimbel.

“Hari ini, kami melakukan launching IndiSchool-SMART sebagai penanda implementasi konsep 3C (Connectivity-Content-Community) secara terintegrasi, kata Awal.

 

(dzm/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*