Tengah Maret Ini, Atlet Payakumbuh Peraih Medali Porprov Terima Bonus

Kepala Bidang Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kota Payakumbuh Isman

Kepala Bidang Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga Kota Payakumbuh Isman

Advertisements

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Payakumbuh akan mencairkan bonus untuk atlet yang berhasil meraih medali pada ajang Porprov Sumbar ke XIII pada 2014 lalu. Bonus terhadap atlet peraih medali emas, medali perak serta medali perunggu tersebut, akan diserahkan pada pertengahan Maret mendatang. Payakumbuh berada di urutan 15 dengan raihan 16 medali emas, 29 medali perak, dan 42 medali perunggu.

”Setelah beberapa kali dilakukan rapat antara KONI dan Pemko Payakumbuh dalam pembahasan terhadap bonus atlet, sudah ada titik terangnya. Kita sepakati bersama, pencairan bonus ini dilakukan paling lambat hingga pekan ke III minggu ini. Kesepakatan ini diperoleh lewat rapat bersama Pemko, KONI, dan Cabor di Balaikota Payakumbuh Selasa (3/3),”ujar Isman Kepala Bidang Pemuda Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh pada Kamis (5/3) kemarin.

Dikatakannya, meski telah ada kesepakatan namun kedua belah pihak belum memastikan tanggal berapa bonus terhadap atlet peraih medali tersebut dicairkan.

”Perkiraan pencairan bonus ini antara dari tanggal 9 hingga 20 Maret mendatang,” ujarnya.

Isman menjelaskan, berdasarkan data dari 24 cabang olahraga yang dipertandingkan atlet dari Kota Payakumbuh, setidaknya terdapat 40 atlet peraih medali. Yang terdiri dari atlet peraih medali secara perorangan, beregu serta berbentuk team.

”Jumlah bonus yang diberikan, bervariasi untuk masing-masing atlet. Tergantung dari kategori atlet itu sendiri. Contohnya, bonus untuk atlet peraih emas secara perorangan, berbeda dengan bonus yang diberikan terhadap atlet peraih emas secara beregu ataupun tim,” ujarnya.

Untuk atlet peraih emas secara perorangan, katanya, masing-masing mendapatkan bonus sebesar Rp 10 juta. Untuk beregu dan team mendapatkan bonus antara Rp12 juta hingga Rp 15 juta per regu atau tim.

Begitu juga, untuk bonus atlet , pemerintah  telah menyediakan dana dari APBD Kota Payakumbuh sebesar Rp 580 juta.

”Tahap awal ini, yang kita lakukan baru pencairan bonus terhadap atlet yang sudah berjasa membela Kota Payakumbuh pada ajang Porprov lalu,” ujar Isman.

Pemberian bonus tersebut, ungkap Isman, akan diserahkan secara resmi oleh Walikota Riza Falepi. Setelah dilakukan pemberian bonus terhadap atlet, Pemko Payakumbuh juga akan memberikan bonus terhadap pelatih yang berhasil membawa atlet untuk meraih medali.

”Total bonus keseluruhan yang dianggarkan Pemko melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga  sebesar Rp 812 juta. Terdiri dari Rp58o juta untuk atlet dan Rp312 juta untuk pelatih. Saat ini, kita sedang melengkapi administrasi terhadap atlet dan pelatih penerima bonus,” jelas Isman.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*