Tentara Irak Berhasil Merebut Kembali Kota Al-Baghdadi Dari ISIS

ISIS

ISIS

Advertisements

Baghdad, PADANGTODAY.COM – Tentara Irak dan milisi setempat mengklaim berhasil merebut kembali kota Al-Baghdadi dari ISIS. Hal ini setelah ISIS mengancam akan menyerang pangkalan udara yang menjadi markas tentara AS di Irak.

Militan ISIS menguasai wilayah Al-Baghdadi, kota kecil di dekat Sungai Eufrat yang di wilayah barat Irak, sejak Februari lalu. ISIS bahkan sempat melontarkan ancaman terhadap pangkalan militer di wilayah tersebut, yang menjadi markas tentara AS yang tengah menjalankan misi melatih tentara Irak.

Pernyataan dari markas koalisi AS di Irak menyebut, pihaknya telah melakukan sedikitnya 26 serangan udara di wilayah Al-Baghdadi sejak 22 Februari lalu, ketika kota tersebut dikuasai ISIS.

“Militer Irak dan pejuang etnis dari wilayah Anbar telah berhasil membersihkan Al-Baghdadi dari ISIL (nama lain ISIS), merebut baik kantor polisi maupun tiga jembatan Sungai Eufrat,” demikian pernyataan mereka.

Tentara AS yang ada di Irak tidak terlibat langsung dalam pertempuran melawan ISIS. AS hanya membantu melalui pelatihan tentara Irak dan serangan udara terhadap target-target ISIS.

“Koalisi mendukung operasi militer dengan aset pengintaian dan nasihat dan tim pendamping (yang mengikuti setiap unit tentara Irak),” imbuhnya.

Tentara Irak dan pasukan Kurdi, dengan dibantu milisi etnis Sunni dan Syiah terus menyerang ISIS di sejumlah wilayah, untuk mengusir mereka dari wilayah-wilayah Irak yang dikuasai sejak tahun lalu.

(nvc/rvk/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*