Tentara Serbu Sawah, Bertanam Padi di Limapuluh Kota

Bupati Alis Marajo bersama Muspida melakukan penanaman padi perdana.(f-ogi)

Bupati Alis Marajo bersama Muspida melakukan penanaman padi perdana.(f-ogi)

Limapuluh Kota, PADANGTODAY.com-Penekanan agar tentara ikut mensukseskan ketahanan pangan di Limapuluh Kota, 10 lokasi di wilayah Komando Daerah Militer 0306/50 Kota dengan sistem pertanian organik diserbu tentara, Kamis (29/1). Swasembada pangan secara nasional maka dilaksanakanlah penanaman padi secara serentak bersama masyarakat dan pimpinan daerah Limapuluh Kota di Jorong Ketinggian, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Penanaman padi serentak disertai syukuran HUT Korem 032/Wirabraja ke-30 ini dihadiri Bupati Limapuluh Kota dr Alis Marajo Dt Sori Marajo, Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Inf Trisno Widodo, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Tri Wahyudi SIk, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pati Estiono SH MH, SKPD dan Camat se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Alis Marajo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama-sama dengan Kodim 0306/50 Kota mewujudkan ketahanan pangan dan swasembada pangan, sejalan dengan pembangunan yang dilaksanakan di Sumatera Barat khususnya di Kabupaten Limapuluh Kota.

Alis Marajo juga mengajak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus mendukung dan menyokong masyarakat petani demi terwujudnya misi tersebut.

“Kita berharap kepada masyarakat petani untuk terus berkoordinasi dengan SKPD terkait dalam pelaksanaan aktivitas taninya sehingga ketahanan pangan di daerah serta swasembada pangan secara nasional akan bisa terwujud nantinya,” kata Bupati Alis Marajo.

“Dengan koordinasi tersebut nantinya para petani kita akan mengetahui bagaimana cara bercocok tanam dengan benar dan baik melalui pengembangan sistem dan pola organik,” pungkas Alis Marajo.

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Trisno Widodo saat membacakan sambutan Komandan Korem 032/Wirabraja mengatakan bahwa melalui momentum peringatan HUT Korem 032/Wirabraja tahun ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai wahana untuk melakukan introspeksi dan mawas diri terhadap kualitas pelaksanaan tugas pengabdian.

”Disamping itu, melalui peningkatan peran dan pembekalan para Babinsa dengan ilmu pengetahuan pertanian organik yang telah  dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap I bulan Oktober 2014 dan tahap II bulan Desember 2014 serta penanaman serentak di 10 Demplot pertanian organik di masing-masing Kodim bisa membantu pemerintah daerah dalam percepatan swasembada pangan di Sumatera Barat,” Trisno Widodo membacakan sambutan Danrem.

Juga dilakukan pengukuhan anggota Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Pertanian, Perikanan dan Peternakan (JKMP4) Kabupaten Limapuluh Kota. 13 orang anggota JKMP4 yang ditandai dengan pemasangan baju seragam secara simbolis oleh Bupati Alis Marajo. Pada puncak kegiatan ini dilakukan penanaman padi, dimana Bupati Alis Marajo beserta Muspida secara bersama-sama menanam padi di areal persawahan yang merupakan salah satu titik Demplot pertanian organik.

AKBP Tri Wahyudi bersama Dandim Letkol Inf Trisno Widodo dan Bupati Alis Marajo, kemudian turun ke areal persawahan, langsung menanam bibit padi yang sudah disediakan. Penanaman sistem organik ini akan dilanjutkan oleh anggota TNI.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*