Terkait Korupsi Dana DAK,Rekanan dan Panitia Pengadaan Ditahan Kejaksaan

 Empat tersangka diboyong ke masuk rutan kelas B Padangpanjang oleh p;ihak Kejaksaan Negeri Padangpanjang.

Empat tersangka diboyong ke  rutan kelas B Padangpanjang oleh p;ihak Kejaksaan Negeri Padangpanjang.

Advertisements

PADANGPANJANG,PADANGTODAY.COM-Empat tersangka “RD”, “WR”, “FZ” dan “DL” tersandung kasus penyelewengan Dana alokasi khusus (DAK) dengan pagu anggaran Rp1,5 miliar, untuk proyek pengadaan buku dan alat peraga tahun 2010 di tingkat SD, resmi ditahan oleh Kejaksaan Negeri Padangpanjang, setelah menjalani pemeriksaan dihadapan penyidik selama 5 jam, Rabu (4/2).

Empat tersangka yang didampingi pengacara masing-masing, mulai menjalani pemeriksaan sekitar pukul 10.00 WIB dan baru selesai diperiksa sekitar pukul 15.00 WIB, setelah ditetapkan akan ditahan kedua tersangka melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Ibnu Sina Padangpanjang dan kembali lagi ke kantor Kejaksaan untuk melengkapi sejumlah berkas yang dibutuhkan.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Padangpanjang R.Is Yunianto membenarkan empat tersangka terkait kasus penyelewengan dana DAK Dinas Pendidikan Padangpanjang tahun 2010, telah ditahan oleh Kejaksaan Negeri Kota Padangpanjang untuk proses penyidikan lebih lanjut.

“Penahanannya dilakukan karena telah memenuhi unsur untuk melakukan penahanan, sambil terus melakukan pemeriksaan terhadap ke empat tersangka dan saksi,” sebut Is, usai pemeriksaan tersangka.

Disebutkan Is, upaya penahanan yang dilakukan terhadap ke empat tersangka untuk menghindarai upaya-upaya yang tidak diinginkan selama penyidikan, seperti menghilangkan barang bukti dan melarikan diri.

“Atas perbuatan tersangka, telah menelan kerugian Negara sebesar 1,1 miliyar, sedangkan untuk pagu anggaran DAK Disdik 2010, berjumlah 1.5 miliyar. Untuk kelancaran proses lebih lanjut, kita tidak mau menunda penahan, hari ini (rabu-red) juga kita berlakukan penahan, tersangka akan langsung dibawa ke Rutan klas B Padangpanjang,” terangnya.

Dalam waktu dekat berkas tersangka akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, pungkas IS, diantara Empat tersangka “RD”, “WR”, “FZ” tersebut terlibat dalam kepanitian pengadaan barang dan jasa DAK Disdik Padangpanjang, sementara DL merupakan rekanan.
“Dalam kasus korupsi ini, tidak menutup kemungkinan akan ada tertsangka baru yang akan muncul, kita akan lihat perkembangannya selanjutnya,” jawab Is, langsung mengatarkan tersangka ke rutan sekitar pukul, 18.00WIB.(nto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*