TERLIBAT PARPOL, KOMISIONER KPU BUKITTINGGI DIBERHENTIKAN TETAP

Advertisements

Padang,PADANG-TODAY.COM – Dewan Kehormantan Penyelenggaran Pemilu (DKPP) menjatuhkan hukuman pemberhentian tidak tetap kepada  Tanti Endang Lestari, Anggota KPU Kota Bukittinggi dalam Sidang Kode Etik dengan agenda Pembacaan Putusan.

“Pelanggaran yang dilakukan dinilai masuk dalam kategori berat sehingga sanksi yang dijatuhkan oleh DKPP adalah Pemberhentian Tetap,”dalam amar putusan dibacakan  Anggota Majelis Saut H. Sirait sidang DKPP melalui video conference.

Ia menjelaskan, Tanti Endang Lestari, Anggota KPU Kota Bukittinggi diberhentikan karena terlibat dalam kepengurusan DPC Partai Demokrat Kota Bukittinggi masa bakti 2012-2017 yakni sebagai Wakil Bendahara V.

“Walaupun Teradu menyatakan tidak pernah terlibat sebagai anggota partai politik dan juga telah diperkuat oleh penjelasan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bukittinggi namun hal ini tidak dapat menghindarkan Teradu dari hukuman maksimal,”ungkapnya.

Hal ini dikarenakan dalam menyikapi masalah tersebut, lanjut Suat menurut DKPP Teradu tidak mengambil langkah hukum yang jelas dan pasti namun terbatas hanya pada surat menyurat dengan DPC Partai Demokrat Bukittinggi agar namanya dihapus dari kepengurusan.

Selain itu, DKPP juga memutuskan perkara KPU Kota Payakumbuh dan Panwaslih Kota Payakumbuh.  Ketua KPU Payakumbuh atas nama Hetta Mambayu dan Media Febrina yang diberhentikan sebagai Ketua Panwaslih Payakumbuh. Dua orang yang diberhentikan sebagai Ketua namun tidak diberhentikan dari keanggotaannya sebagai penyelenggara Pemilu.

Hetta dianggap tidak solid dengan empat penyelenggara lainnya karena ingin menyelamatkan diri sendiri saat sidang DKPP 29 November.

Ketua KPU Payakumbuh itu membuat surat jawaban pribadi, selain dari jawaban bersama yang sudah dibacakan komisioner KPU lain saat sidang. Oleh majelis, sikapnya itu dinilai melanggar sehingga dia diberikan sanksi.

Sementara Media Febrina dianggap tidak transparan tentang latar belakang keluarganya. Saat seleksi sebagai
anggota Panwaslih dia tidak mengumumkan bahwa suaminya merupakan salah satu pengurus Partai PAN di Sumbar.
Tanti Endang Lestari, Anggota KPU Kota Bukittinggi dan Media Febrian ketika sidang video conference tidak bisa mendengarkan sidang DKPP di Aula Bawaslu Sumbar.

“Mereka tidak bisa menghadiri dan mendengarkan sidang DKPP yang di Ketua Majelis DKPP Jimly Asshiddiqie,”jelas Hendrik salah seorang staf Bawaslu Sumbar.(*nat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*