Ternyata Bagian Sayuran Yang Tak Dipakai Juga Mengandung Nutrisi

Ilustrasi Lemon

Ilustrasi Lemon

PADANGTODAY.COM– Ketika menggunakan sayuran, terkadang ada banyak bagian sayuran yang tak dipakai dan dibuang begitu saja. Padahal, bagian-bagian sayuran yang dianggap tak terpakai dan tak bisa dikonsumsi itu ternyata juga mengandung nutrisi yang bisa digunakan dan bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa bagian sayuran yang bernutrisi dan sebaiknya tetap Anda konsumsi.

1. Sayuran hijau pada wortel
Salah satu di antaranya adalah sayuran hijau di bagian atas wortel. ketika memasak wortel atau memanen wortel, biasanya sayuran ini dibuang begitu saja. Jangan lakukan itu, sayuran hijau pada wortel juga mengandung banyak nutrisi dan bisa digunakan dalam masakan. Sayuran ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan. Anda bisa memasaknya menjadi sayuran, dicampur dengan bawang putih, minyak zaitun, kacang tanah, garam, dan keju.

2. Kulit lemon
Jangan buang kulit lemon ketika Anda ingin menikmati jus lemon. Anda bisa menggunakannya sebagai manisan lemon. Kulit lemon juga mengandung banyak nutrisi yang terkandung dalam buah lemon itu sendiri. Salah satunya adalah vitamin C dan antioksidan yang ada di dalamnya. Caranya, Anda bisa menambahkan kulit lemon pada semangkuk gula. Biarkan selama beberapa jam, kemudian Anda bisa gunakan kulit lemon sebagai topping pada semangkuk buah atau makanan penutup.

3. Batang brokoli
Batang brokoli biasanya juga termasuk bagian sayuran yang dibuang. Padahal batang brokoli juga mengandung banyak nutrisi seperti yang terkandung dalam brokoli itu sendiri. Anda bisa memotong batang brokoli, mengupasnya, kemudian menjadikannya acar.

Selain bagian sayuran di atas, ada beberapa bagian sayuran lain yang sebaiknya tak dibuang, seperti biji labu yang kaya omega-3 dan nutrisi, serta peterseli. Anda bisa memanggang biji labu atau memakannya sebagai cemilan. Untuk peterseli, Anda bisa mencampurnya dengan jus buah atau smoothie.

Cobalah untuk tidak melihat bagian sayuran ini sebagai sampah. Bagian tersebut masih bisa dikonsumsi dan memberikan banyak asupan nutrisi untuk tubuh Anda.

(kun/**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*