Ternyata Nonton Acara Membosankan Bikin Cepat Gemuk!

nonton-acara-membosankan-ternyata-bikin-cepat-gemukPADANGTODAY.com – Sepertinya tak ada kaitan antara menonton acara televisi yang membosankan dengan berat badan. Namun sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa kedua hal tersebut ternyata sangat berkaitan. Peneliti menunjukkan bahwa menonton acara yang membosankan di televisi membuat seseorang mengonsumsi lebih banyak makanan tak sehat sehingga mereka berkemungkinan lebih cepat gemuk.

Penelitian tersebut mengungkap bahwa menonton acara yang menegangkan atau seru membuat seseorang tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori. Sementara menonton acara yang membosankan membuat orang meningkatkan kemungkinan mereka mengonsumsi makanan yang tak sehat hingga 52 persen, seperti dilansir oleh Daily Mail (16/07).

Hasil ini didapatkan peneliti dari Uppsala University, Swedia, setelah melakukan penelitian terhadap 18 wanita. Peneliti mengamati jumlah camilan yang mereka konsumsi ketika melihat berbagai macam program. Mereka menemukan bahwa acara yang membosankan meningkatkan keinginan wanita untuk memakan lebih banyak camilan tak sehat.

Partisipan mengonsumsi 35 persen makanan lebih sedikit ketika melihat acara yang seru dan membuat mereka senang dibandingkan jika melihat tayangan yang menurut mereka membosankan. Aner Tal dari Cornell University’s Food and Brand Lab menjelaskan bahwa ketika seseorang merasa bosan di depan televisi mereka berkemungkinan akan makan lebih banyak.

Agar tidak bertambah berat badan saat menonton acara yang membosankan, peneliti menyarankan agar seseorang menyiapkan camilan yang sehat ketika menonton televisi. Dengan begitu, ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak camilan, dampaknya tak akan terlalu besar terhadap berat badan.

(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*