“Terpaksa”, Mobil Dinas Akan Dibolehkan Dibawa Mudik Lebaran

mahyeldiPadang, PADANG-TODAY.com-Jumlah mobil dinas (mobnas) yang tersedia membuat Pemerintah Kota Padang mau-tidak mau harus membolehkan pemilik membawa kendaraannya untuk mudik pada lebaran kali ini. Pasalnya, hingga saat ini Pemko Padang belum menyediakan pool bagi kendaraan yang jumlahnya hingga ratusan unit tersebut.

“Itu yang membuat kami terus berpikir, mobil dinas jumlahnya banyak, hingga saat ini kami belum memiliki pool,” kata Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo usai menyidak kendaraan dinas di lingkungan kerjanya di pusat perkantoran Balaikota Padang, Rabu (22/6).

Jika mobil dinas tersebut  tetap dikandangkan di kantor masing-masing pada saat lebaran, tambah Walikota, justru akan memboroskan. Sebab, libur lebaran yang cukup panjang nanti membuat kendaraan tersebut harus diparkir lama. Kendaraan tidak dihidupkan setiap hari. Tentunya akan merusak mesin dan lainnya. Sehingga terpaksa harus diperbaiki setelahnya dan tentu perlu anggaran perbaikan.

“Tapi jika kementerian menerbitkan edaran agar kendaraan dinas tidak boleh dibawa saat mudik, tentu kita akan patuhi dan lakukan,” tegas Walikota menerangkan.

Saat melakukan sidak terhadap kendaraan dinas di lingkup kerjanya, Walikota terlihat memeriksa langsung setiap kendaraan dengan teliti. Interior dan eksterior kendaraan benar-benar diperhatikan Walikota.

Usai melihat kendaraan dinas itu satu persatu, Walikota menyebut bahwa seluruh kendaraan cukup baik fisik maupun mesinnya. Termasuk pengemudinya yang mampu memberi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Namun begitu, Walikota juga sempat mendapat pengakuan dari salah seorang sopir yang menyebut bahwa dirinya sejak dulu hingga sekarang belum pernah mendapatkan pelatihan membawa kendaraan. Karena itu, Walikota berharap pengemudi kendaraan dinas agar dibekali pelatihan sehingga dapat meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

“Termasuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan fisik. Dulu mungkin memang fisiknya cukup kuat, akan tetapi seiring bertambahnya usia tentu akan ada penurunan,” tutup Walikota.(rel/Dodi Syah Putra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas