Terus Berbenah, Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar (AKNTD) Segera Miliki Asrama

Fhoto : Konsultan Manajemen Kontruksi Kementrian PUPR didampingi Koordinator PNP Untuk AKNTD Yuhefizar, Camat Lintau Buo Zulkifli, Wali Nagari Tigo Jangko Indra Gunalan dan tokoh masyarakat saat survei lokasi pembangunan asrama mahasiswa AKNTD.(ddy)

Tanah Datar, www.padang-today.com,- Ingin menunjukan eksistensi sebagai wadah pendidikan, Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar (AKNTD) terus berbenah. Akademi binaan Politeknik Negeri Padang segera miliki asrama untuk mahasiswanya.

Tidak tanggung, pembangunan asrama mahasiswa/rusunawa untuk Rintisan AKNTD ini disetujui oleh Kementrian PUPR senilai hampir Rp 10 milyar diatas lahan 5,5 hektar.

Koordinator Politeknik Negeri Padang untuk AKNTD Dr. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom, IPM kepada www.padang-today.com, Sabtu (12/05/18) mengatakan jika tim konsultan dari Kementrian PUPR sudah melakukan survei lokasi untuk pembangunan asrama mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Tanah Datar yang berlokasi di Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo, Tanah Datar.

“Mudah mudahan tahun ini segera dibangun berdampingan dengan bangunan sekarang dan Griya Tenun. Rencana itu juga sudah diketahui oleh Forkopinca Lintau Buo, Pemerintahan Nagari, tokoh masyarakat dan pihak pengelola AKNT,” ungkap Yuhefizar.

Yuhefizar juga menyebutkan, jika usulan untuk asrama dan rusunawa AKNTD ini melihat dari peningkatan-peningkatan di AKNTD, baik dari ketersediaan dosen tetap pada setiap program studi, fasilitas sarana dan prasarana serta yang tidak kalah penting, dari peningkatan jumlah peminat yang kuliah di kampus ini.

Ucap dosen di Politeknik Negeri Padang ini, jika kampus Rintisan AKNTD saat ini telah menyelenggarakan pendidikan vokasi Diploma 2 (D2) Bidang Manajemen Informatika, Teknik Mesin dan Teknik Sipil dengan status Negeri dan dengan gelar A.Ma.

“Peminat mahasiswa dari luar daerah semakin meningkat, maka pengelola beberapa waktu lalu mengajukan proposal pembangunan asrama melalui Pemkab Tanah Datar ke kementrian PUPR. Alhamdulillah saat Ibu Muffidah Jusuf Kalla ke Lintau bersama Dirjen Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR pada awal April lalu langsung direspon positif. Pada 10 Mei 2018 kemaren Konsultan Manajemen Kontruksi (MK) langsung survei lokasi,” ungkap Yuhefizar.

Ia berharap, dengan adanya asrama mahasiawa AKNTD nantinya, akan bisa menunjang proses belajar mengajar lebih baik dan aktifitas mahasiswa lebih terkontrol, sehingga sistem asrama ini kualitas mahasiswa AKN TD juga semakin baik.

Sementara itu, Wali Nagari Tigo Jangko Indra Gunalan mengapresiasi rencana pembangunan asrama mahasiswa AKNTD di daerahnya. Apalagi dengan peminat saat ini yang cukup banyak sudah seharusnya akademi kebangaan Tanah Datar itu berbenah.

“Pembangunan nantinya harus benar benar tepat sasaran, dan pengelolaan pembangunan nantinya jangan menjadi polemik, ini harus disikapi dari awal. Masyarakat juga harus mendukung pembangunan ini agar daerah lebih punya marwah karena memiliki akademi. Kami juga berharap pemerintah punya solusi agar AKNTD bisa menjadi Universitas di Tanah Datar,” ungkap Indra Gunalan.(ddy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*