Tetap Eksis, Palanta Pensiun Tour ke Sarasah Murai

Mendadak Sarasah Murai ramai alang kepalang, Minggu (31/1/2021). Biasanya selama pandemi jarang ramai begini.

Catatan Perjalanan Mediar Indra

Ya, ternyata para pejabat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang telah memasuki usia pensiun, tergabung dalam Palanta Pensiun menapaki Sarasah (Air Terjun) Harau. Tak hanya untuk berwisata lokal, mereka juga melihat kehidupan masyarakat kecil di sana.

Advertisements

Sepeda motor beraneka rupa dan satu Vespa PS th 1980 dan ada juga yang pakai sepeda motor Suzuki tahun 1972. Para pensiunan ini mengambil rute dari depan Kantor Pos & Giro Payakumbuh menuju Sarasah Murai. Start tepat jam 8.00 pagi.

Sayang, hari itu motor pensiunan H Josrizal Zain tidak berkesempatan datang. Namun, ada Mediar Indra, Yoherman, dan Indra Sofyan sebagai motor penggerak. Semangat para pensiunan ini tak terbendung.

Rute perjalanan, dari Kantor Pos menuju Labuah Basilang lalu ke Taram ke Batu Balang lalu ke Ketinggian lalu Harau (Sarasah Murai) dan finish makan siang di rumah makan Badunsanak Harau.

Sejenak berhenti makan kerupuk kuah di Air Terjun Harau. Rombongan lalu menuju Air terjun Balenggek (Bertingkat) di Sarasah Murai. Saking semangat melihat air deras dan jernih, ada Ibu-ibu pensiunan yang langsung “menghambur” dan mandi.

Hiegenis yang belum tercemar dari pegunungan Harau ada 15 KK yang tinggal di kawasan Sarasah Murai. Sumber kehidupan mereka berjualan hasil kerajinan tangan Niru dan Kampiah untuk souvenir wisatawan.

Mereka juga menjual minyak sarai yang berkhasiat untuk menghilangkan gatal-gatal, mencret, asam lambung dan asam urat. Mereka juga menjual beraneka ragam bunga. Ada bunga Mayang Sari, Bunga Kuping Gajah dan Janda Bolong. Harga diskon.

Soal makanan khas di Harau, ada Gelamai Harau. Ada makanan tradisional, karupuak laweh pakai kuah lado dan kuah sate pakai mie. Saking enaknya, ada yang makan 4 buah dan katanya teringat makanan waktu SD dulu.

Lalu, dilanjut istirahat dan sholat dan makan baselo di RM Badunsanak yg punya anak mantan Wako Payakumbuh 2002 – 2012 H. Josrizal Zain. RM Badunsanak Eria Bonita di Sarilamak dekat Simpang Kaki Gadang sebalah Gerbang Harau.

Di Simpang Kantor Bupati dengan spesifik Dendeng Balado dan Goreng Jariang Balado Mudo campur Taruang. Ekspedisi seharian itu berakhir di sana. Semua pensiunan kembali ke rumah masing-masing. (Mediar Indra)

DAFTAR NAMA PESERTA PALANTA PENSIUN YANG IKUT TOURING TGL 31 JANUARI 2021 KE SARASAH MURAI HARAU

  1. Mediar Indra
  2. Yoherman
  3. Indra Sofyan
  4. Hermansyah
  5. Darmawansyah
  6. Muthia
  7. Sovita Yenuris
  8. Jumiati
  9. Alwida Gaziati
  10. Kusrida Efi
  11. Yenny Roza
  12. Aryani
  13. Yurisman Bakri
  14. Zul
  15. Yusnida
  16. H.Ali Amran
  17. Nelia Erawati
  18. Azwarman
  19. Syahyudasril
  20. Yonni kismon
  21. Afnidayati
  22. Eva Aulia
  23. Iqbal Bermawi
  24. Elizabeth
  25. Zulhelmi Fuso
  26. H. Wandi.
  27. Harmita
  28. Ratnawilis
  29. Yenni Yoherman
  30. Herman Ruslan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*