Tiga Caleg Di Coret Dari DCT

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi mencoret tiga orang calon legislatif (caleg) DPRD kota itu dari daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2019.

“Mereka itu dari partai berbeda yakni Afdhal Salman dari PKS, Mirawati Murmatias dari PKS serta Indria Syafitri dari PSI,”kata Ketua KPU Bukittinggi, Benny Azis saat dihubungi.

Ia menjelaskan, Afdhal Salman caleg PKS nomor 7 dari Dapil 1 Mandiangin Koto Selayan. Mirawati Murmatias Caleg PKS nomor urut 3 Dapil 1 Mandiangin Koto Selayan, kemudian Indria Syafitridari caleg PSI nomor urut 3 Dapil tiga Guguak Panjang.

Ketiga caleg tersebut resmi dicoret karena Afdhal Salman lulus CPNS, Mirawati Murmatias terpidana kasus pidana pemilu divonis majalis hakim hukuman pidana penjara tujuh bulan dengan masa percobaan selama setahun dan denda Rp10 juta.

“Kemudian caleg PSI atas nama Indria Syafitri dicoret karena lulus CPNS,”jelas dia.

KPU telah mengirimkan surat pada Bawaslu Kota Bukittinggi serta masing-masing partai politik terkait pencoret nama caleg dari DCT Pemilu 2019.

“Meskipun nama mereka telah dicoret dari DCT. Nama kedua caleg tersebut tetap tercantum dalam surat suara karena pencoretan itu dilakukan setelah surat suara dicetak, sehingga tidak bisa diubah,”jelas Benny Azis

Benny Azis menambahkan, KPPS akan mengumumkan tiga caleg telah dicoret setiap TPS di dapil caleg bersangkutan agar pemilih tahu caleg tersebut telah dicoret.

“Namun Jika ada masyarakat yang memilihnya dengan cara mencoblos maka suara tetap sah dan suara akan masuk ke suara partai,”pungkas dia. (Dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas