Tiga Kecamatan akan menjadi Kawasan Kota Industri

Ali Mukhni Sedang Menjelaskan Tentang KIP di Padangpariaman

Ali Mukhni Sedang Menjelaskan Tentang KIP di Padangpariaman

Advertisements

Pariaman,PADANG-TODAY.com-Padangpariaman akan menjadi kawasan kota industry, hal ini dibuktikan dengan keseriusan Pemkab Padangpariaman dengan adanya pertemuan Ali Mukhni bersama Direktur Pengembangan Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian, Selasa 03-05-2016 di ruang rapat Setdkab Padangpariaman.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, menyatakan bahwa tujuan pembangunan kawasan industri selain untuk pengembangan wilayah, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Dengan adanya kawasan industri ini maka otomatis lapangan kerja akan banyak terserap” ungkap Ali Mukhni.

Dengan dibangunnya kawasan industry ini, jelas Ali Mukhni, namun perusahaan tentu membutuhkan pekerja yang terampil, Untuk itu ini menjadi bahan pemikiran kita bersama apakah kita bangun akademi komunitas agar kita dapat menyediakan tenaga kerja terampil yang sesuai dengan kebutuhan industry, terangnya.

“Jangan sampai masyarakat kita yang menjadi korban, siap tanahnya dikelola perusahaan, hidupnya nanti tidak tahu arah, itu akan menjadi pemikiran kita, jika masyarakat sepakat akan dilibatkan dalam mengelola kawasan industri nantinya” kata Ali Mukhni.

Sebelumnya Dalam paparan Kementerian Perindustrian RI Dr. Busharmaid menjelaskan proses bagaiman terjadinya kawasan industri.

“kami sangat mendukung pembangunan kawasan industri yang diusulkan oleh pemerintah daerah, soal Dalam pengembangan Kementerian Perindustrian juga akan mendorong investor yang akan memndirikan pabrik di kawasan tersebut”.

Padakesempatan itu, Busharmaid memberikan masukan kepada peserta yang hadir dalam rapat tersebut, bahwa masyarakat pemilik lahan di libatkan dalam pembangunan kawasan industry.

“Untuk penyediaan lahan, sebaiknya tidak dengan melakukan pembebasan tanah. Tetapi dengan mengikut sertakan masyarakat pemilik lahan sebagai pemegang saham Perusahaan Pengelola Kawasan Industri”.ungkap Burharmaid

Katanya, dimana Kepemilikan saham Kawasan Industri oleh masyarakat akan dapat mengurangi kemampuan ekonomi dan juga mencegah hilangnya identitas budaya masyarakat sebagai pemilik tanah ulayat, terangnya.

Selain itu, tambah Burharmaid, pembagian hak dan kewajiban masyarakat sebagai pemilik kawasan industri nanti akan diatur pada akta pendirian perusahaan pengelola kawasan. Rencana Pengembangan industri berbasis sumber daya lokal aka nmenjadi gerbong penarik bagi pengembangan ekonomi daerah dan akan memberikan multiplayer efek bagi masyarakat, tidak hanya yang berdomisili di sekitar kawasan tetapi juga di seluruh Kabupaten Padang Pariaman dan Propinsi Sumatera Barat, jelasnya.

Rapat dengar pendapat tersebut hadir perwakilan dari 3 (tiga) kecamatan yaitu Kecamatan Lubuk Alung, Kecamatan Enam Lingkung dan Kecamatan 2X11 Kayu Tanam serta didampingi perangkat nagari masing-masing kecamatan. kawasan tersebut bertempat di bagian timur jalan baru Lubuk Alung Sicincin, perkiraan kebutuhan lahan seluas 20.000 ha. untuk Lokasi Kota Kawasan Industri.

Sementara lokasi awal yang direncanakan adalah terdapat di Kecamatan Lubuk Alung seluas lebih kurang 2.000 Lahan telah dilaksanakan survey ke lapangan. Lokasi ini merupakan hutan rakyat yang kurang produktif dan tidak termasuk kawasan hutan lindung. (hms/suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*