Tigo Koto Dibaruah Latih Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Nanti Kelurahan Lainnya

Pelatihan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah

Pelatihan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Tigo Koto Dibaruah

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Pelatihan Administrasi Kependudukan yang diselenggarakan oleh Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, Kecamatan Payakumbuh Utara, memanas, Rabu (18/5/2016). Pelatihan yang dipesertai oleh para RT/RW dan Pekerja Sosial Masyarakat di Tigo Koto Dibaruah, ini dihujani pertanyaan menyoal kepengurusan catatan sipil.

Kadisdukcapil Kota Payakumbuh Ir Mediar Indra MSi bersama Kabid Capil Hj Gedmalindra SP tuntas menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Ada yang menanyakan peran RT dan RW apakah hanya merekomendasi warga. Ada pula yang bertanya, kenapa pelayanan Capil tidak bisa diurus di tingkat kecamatan saja.

Semua pertanyaan ini dijawab oleh kedua nara sumber dengan baik. Bahwa Kelurahan Tigo Koto Dibaruah telah membuat sebuah terobosan dengan melatih aparatur masyarakat untuk cerdas beradministrasi kependudukan, sangat diacungkan jempol. Lurah Yenti Nofriza SSos dipuji Mediar Indra telah membuat terobosan bagi penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan efektif.

”Kami pun menunggu undangan Kelurahan lainnya di Kota Payakumbuh. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil siap sedia melayani masyarakat,” ungkap Mediar Indra di akhir Pelatihan.

Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Kecamatan Payakumbuh Utara, yang merupakan kelurahan penggabungan Nan Kodok, Kaniang Bukik dan Payolinyam mengadakan Pelatihan Administrasi Kependudukan bagi RT/RW dan Anggota Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Pelatihan yang diselenggarakan di Kantor Kelurahan setempat, Rabu (18/5) di Jalan Puyuh.

Ir Mediar Indra MSi dan tim Disdukcapil Payakumbuh telah mempersiapkan presentasi agar dapat diikuti, dicermati, dan dipahami oleh seluruh peserta Pelatihan.

“Gunanya banyak. Selain para RT/RW dan PSM ini nantinya menjadi mitra sosialisasi dan regulasi dari Disdukcapil, kita berharap agar pemahaman kinerja Dukcapil dimengerti oleh seluruh masyarakat. Agar pengurusan pencatatan sipil dan kependudukan menjadi lebih cepat sebab syaratnya sudah lengkap,” ujar Mediar Indra, lulusan Magister Perencanaan Pembangunan Perkotaan, Universitas Indonesia ini.

Untuk itu, juga Mediar Indra menunggu undangan dari kelurahan lainnya, agar sosialisasi menjadi berlangsung merata, baik, dan mampu diserap oleh semua aparatur dan petugas di masyarakat.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*