Tim Gerakan Maghrib Mengaji Dibentuk

Tim Magrib Mengaji Kabupaten Tanah Datar.

Tim Magrib Mengaji Kabupaten Tanah Datar.

Advertisements

TanahDatar,PADANGTODAY.com-Untuk menyemarakan kembali maghrib mengaji Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali membentuk tim gerakan Maghrib Mengaji yang pada pelaksanaannya akan turun ke Mesjid-mesjid di seluruh Kabupaten Tanahdatar. Menurut keterangan yang diberikan oleh Kabag Humas Setdakab Tanahdatar Desrizal kepada media, Selasa (3/2) di Batusangkar, ihwal pembentukan tim ini berangkat dari belum menyeluruhnya masyarakat komit melaksanakan program ini, meskipun program magrib mengaji di kabupaten Tanah Datar telah dicanangkan sejak tahun 2011 lalu oleh Bupati M.Shadiq Pasadigoe.

“Tim yang dibentuk masing-masing diketuai oleh Tim I Bupati M.Shadiq Pasadigoe (ketua), Ketua DPRD Zuldafri Darma (wakil ketua), Sekretaris Daerah Hardiman (wakil ketua), Asieten Administrasi Azwar Rabain (sekretaris),” Ungkap Desrizal.

Lebih lanjut Desrizal menyebutkan, tim II terdiri dari Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi (ketua), Wakil Ketua DPRD Irman M.Si dan Saidani SP (wakil ketua), dan Staf Ahli Adrion Nurdal (sekretaris), sementara anggota kedua tim terdiri dari Asisten, Staf ahli Bupati, kepala SKPD serta Qarry dan Qarriah.

“Tim ini mulai turun tanggal 3 Februari 2015 sampai tanggal 7 Mei 2015 mengunjungi 28 Mesjid di Nagari-nagari se Tanah Datar, selesai tim ini melaksanakan gerakan Magrib Mengaji akan dilanjutkan oleh tim kecamatan dan Nagari, sehingga seluruh mesjid di Tanah Datar dapat dikunjungi tim untuk memotivasi masyarakat dalam melaksanakan gerakan magrib mengaji,” Jelasnya.

Disebutkan, Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe dan Wakil Bupati Irdinansyah Tarmizi pada berbagai kesempatan dalam pertemuan dengan masyarakat selalu menghimbau agar gerakan magrib mengaji ini terus dibudayakan oleh setiap keluarga, sebaiknya gerakan ini dilaksanakan di Mesjid/Mushalla/Surau secara bersama-sama, namun kalau tidak memungkinkan laksanakan sekeluarga dirumah masing-masing.

Sementara itu Bupati Tanah Datar M.Shadiq Pasadigoe menghimbau, Untuk lebih semaraknya gerakan magrib mengaji ini dihimbau agar semua masyarakat sepakat untuk mematikan televisi mulai Magrib sampai Shalat Isya, mari kita baca Al-Quran mulai Magrib sampai shalat Isya, dengan demikian diharapkan tingkat keimanan kita kepada Allah akan semakin tinggi dan jiwa kita akan semakin tenang apabila kita selalu rutin membaca Al-Quran.

Kondisi saat ini karena rendahnya tingkat keimanan masyarakat sehingga banyak terjadi fenomena sosial ditengah-tengah masyarakat seperti bunuh diri, kenakalan remaja, terlibat dalam mengkonsumsi narkoba, pelecehan seksual dan sebagainya, semuanya itu tidak terlepas dari rendahnya tingkat keimanan seseorang. Untuk itu melalui gerakan magrib mengaji mudah-mudahan fenomena sosial itu dapat ditekan atau dihilangkan sama sekali.

“Kepada orang tua juga dihimbau agar selalu mengawasi anak, jangan sampai lengah karena sangat banyak yang mempengaruhi mereka, perhatikan sikapnya sehari-hari, lakukan pendekatan dengan anak, ajak mereka untuk berkomunikasi dan berupayalah selalu mengajak anak untuk terbuka dengan orang tua, sehingga kalau ada anak yang mendapat persoalan dapat dicarikan solusinya” harap Shadiq. (romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*