Tim Penilai GSI Sumatera Barat Nilai Payakumbuh Selatan

 

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Tim Penilai Gerakan Sayang Ibu Provinsi Sumatera Barat, berkunjung ke Payakumbuh, Rabu (22/10). Tim provinsi ini, melakukan penilaian ke Kecamatan Payakumbuh Selatan, sebagai wakil kota ini, dalam lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat provinsi 2014. Kecamatan yang dipimpin Camat Herlina itu, harapan Payakumbuh untuk menjadi yang terbaik di Sumatera Barat dalam program GSI.

Sebelum melakukan penilaian, rombongan tim penilai lima orang dipimpin Putri Yanhelmi itu, diterima Sekdako Payakumbuh H. Benni Warlis dan Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi dan Wakil Ketua TP-PKK Ny. Hj. Rasyidah Suwandel serta Camat Herlina, di kantor camat setempat.

Sekdako Benni Warlis dalam sambutannya, mengatakan, kegiatan GSI di Payakumbuh sudah berjalan dan berproses sejak lama. Lomba ini bukan tujuan bagi pemko, tapi bagaimana memotivasi masyarakat, memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam program GSI.

Menurut sekdako, peran masyarakat untuk berpartisipasi dalam GSI, amant menetukan, karena merekalah yang diharapkan mampu memberikan pertolongan pertama ketika seorang ibu mau melahirkan, katanya.

Ketua Tim Penilai GSI Provinsi Putri Yanhelmi, mengaku sangat senang dengan sambutan yang diberikan masyarakat Nagari Aur Kuniang dan Limbukan, dalam kegiatan ini. “Kami senang berada di Payakumbuh Selatan ini, karena begitu antusiasnya warga dalam penilaian GSI. Mudah-mudahan program GSI makin berkembang di Payakumbuh Selatan ke depan, bukan terkait dengan lomba ini saja,” sebut Putri.

Kegiatan GSI di Payakumbuh Selatan, dikatakan Camat Herlina, melibatkan seluruh elemen masyrakat. Malahan, pengurus TP-PKK Kota Payakumbuh dan TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Selatan, di bawah pimpinan Ny. Henny tidak segan-segan datang memasang stiker yang berkaiatan dengan Gerakan Sayang Ibu di kendaraan roda empat dan rumah-rumah penduduk. Selain bersimbah keringat membersihkan lingkungan, katanya.

Dikatakan, pengurus TP-PKK Payakumbuh sangat membantu kegiatan GSI diseluruh kelurahan. Warga sadar, GSI merupakan program yang menyentuh kepentingan warga di lapisan terbawah. Program ini harus disukseskan seluruh elemen masyarakat, karena merupakan keterpaduan dan sinergisitas dalam upaya peningkatan status perkawinan. Pemberdayaan ibu hamil, pelayanan KB bagi pasangan usia subur, serta usaha pelayanan bagi ibu yang mau melahirkan.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*