Tim Penilai Kelurahan Berprestasi Terkesima di Payolansek

Ketua Peniali Provinsi mengambil SIrih Carano

Ketua Peniali Provinsi mengambil SIrih Carano

Lurah dan LPM sedang diwawancara tim penilai

Lurah dan LPM sedang diwawancara tim penilai

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Payolansek, kelurahan berpenuduk 4.056 jiwa di Kecamatan Payakumbuh Barat, dikunjungi tim penilai provinsi, Senin (4/5). Kelurahan dipimpin Lurah Majlis ini, menjadi wakil Kota Payakumbuh dalam Lomba Kelurahan Berprestasi LKB) 2015. Sebelum melakukan investigasi dan wawancara dengan seluruh elemen masyarakat yang ada, rombongan tim disambut dengan siriah dicarano dan pantun pasambahan oleh generasi muda setempat.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama Sekdako H. Benni Warlis, Asisten I Yoherman, Kepala BPMP-KB H. Harmayunis dan Ketua TP-PKK Ny. Dr. Henny Riza Falepi, sebelum sampai ke Payolansek, juga telah menjamu tim di Balaikota Payakumbuh. Atas nama pemko dan warga Payakumbuh, Walikota Riza Falepi, minta tim untuk memberikan penilaian objektif dalam iven tahunan ini.

“Warga Payolansek sudah berbuat banyak menyiapkan diri menghadapi lomba ini. Mudah-mudahan, apa yang dilakukan warga setempat dan indikator penilaian terpenuhi, dan hasilnya berbuah manis dengan tampilnya Payolansek sebagai pemenang dalam LKB 2015 ini,” sebut walikota.

Ketua Tim Penilai LKB Sumatera Barat 2015, E. Rahman, mengakui sambutan warga Payakumbuh dalam kegiatan itu cukup luar biasa. “Saya terkesima dengan antusias warga dalam lomba ini.

Namun, tim butuh bukti, apakah indikator-indikator penilaian terpenuhi oleh pihak kelurahan dan LPM Payolansek. Kita akan wawancarai elemen-elemen masyarakat pendukung lomba,” katanya.

Dikatakan, penilaian bukan hanya mendengarkan ekspos dari Lurah, Ketua LPM dan Ketua TP-PKK kelurahan, tetapi mewawancarai serta memeriksa kelengkapan kemasan catatan dalam bentuk laporannya, termasuk potensi serta swadaya masyarakat.

Sekdako Payakumbuh Benni Warlis, mengatakan, Kelurahan Payolansek dalam beberapa tahun terakhir ini telah menampakkan perubahan yang sangat signifikan dalam bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Hal itu didukung dengan tingkat ekonomi warga yang cukup baik, dan berkurangnya angka pengangguran serta warga miskin. Mayoritas masyarakat berusaha disektor industri rumah tangga yang mencapai 65 %. Dan selebihnya di sektor pertanian, perdagangan, peternakan, jasa dan lain-lain.

Hal ini turut didukung penyampaian dari Lurah Payolansek Majlis, Ketua LPM Syukri Yusuf dan Ketua TP PKK Ny. Majlis, dalam presentasi singkat yang disampaikan didepan tim penilai. Menurut lurah Payolansek memiliki keunggulan di bidang pendidikan, bidang perekonomian, bidang kesehatan, pemanfaatan lahan pekarangan dan gerakan pembangunan lainnya.

Lebih Lanjut di uraikannnya, Gerkan Pembangunan yang di galakkan di Payolansek diantaranya Gerakan Kampung Al Quran, Gerakan Kelurahan Bersih dan Hijau, Gerakan Ayo Menyapu Halaman, Gerakan Pembanguanan Gotong Royong dan Gerakan Pembangunan Iman Dan Taqwa.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas