Tindaklanjuti HLM, Pemko Bakal Gelar Rakor TPID

Padangpanjang—Guna mengupayakan pengendalian inflasi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar gelar rapat High Level Meeting (HLM) TPID, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sumbar dan dipimpin langsung Gubernur Prof. Dr. Irwan Prayitno, S.Psi, MSc, Rabu (24/4).

Rapat yang dipandu Kepala Perwakilan BI Prov. Sumbar Wahyu Purnama A dan menghadirkan Bupati & Walikota se Prov. Sumbar, OPD Prov, KPPU, Bulog, Pertamina, Garuda Airline, Hiswana Migas, serta Kabag Perekonomian dan Kasubag Bina Produksi Daerah Kota Padangpanjang.

Inflasi yang terjadi pada tingkat Nasional berkisar sebesar 0,11 persen dan Sumbar 0,30 persen serta sejumlah daerah seperti Kota Padang dan Bukittinggi berkisar 0,33 persen dan 0,11 persen. Penyumbang inflasi Sumbar terbanyak pada bulan Maret yakni Bawang Merah, Bawang Putih, serta tempat-tempat rekreasi.

“Untuk komoditi, potensial menghadapi tekanan harga saat Ramadhan dan Idul Fitri mendatang adalah beras, cabe merah, bawang merah, telur, daging ayam ras dan tarif angkutan udara,” papar Putra Dewangga melaui Dinas Kominfo Padangpanjang.

Strategi mengantisipasi terjadinya inflasi selama ramadhan dan idulfitri tersebut yaitunya dengan adanya penguatan peran ulama agar memperbanyak topik pengendalian nafsu makan minum selama berbuka dan sepanjang Idul Fitri.

Langkah lainnya yakni dengan memperbanyak iklan masyarakat melalui berbagai media agar hemat dan efisien berbelanja dan berkonsumsi, pelaksanaan operasi pasar, memperbanyak pasar murah/bazar yg diselenggarakan Pemda, BUMN, BUMD, Baznas, dan pihak-pihak lain serta dengan melaksanakan Sidak Pasar.

“Sedangkan untuk stok BBM, beras dan gas pada Ramadhan dan Idul Fitri di Sumbar dinyatakan cukup. Agar semua itu tercapai, Gubernur meminta kepala daerah diminta menindaklanjuti hal tersebut di daerah masing-masing, serta memperkuat koordinasi antar daerah,” ulas Putra.

Putra Dewangga yang pada kesempatan itu mewakili Walikota Padangpanjang, mengatakan untuk menindaklanjuti hal tersebut TPID Kota Padangpanjang akan menggelar Rakor pada Senin (29/4) mendatang.

“Kegiatan tersebut nantinya akan dipimpin langsung Walikota dengan menghadirkan Kepala Perwakilan BI Sumbar, Kapala Biro Perekonomian Setprov Sumbar, Pimpinan OPD terkait dan seluruh anggota TPID Kota Padangpanjang,” pungkas Putra. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas