Tinggal di Gubuk, Warga Batusangkar tak Terima Raskin

Wakil Bupati Tanahdatar Berdialok dengan Emilia.

Wakil Bupati Tanahdatar Berdialok dengan Emilia.

BATUSANGKAR,PADANGTODAY.COM -Wakil Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mendatangi gubuk Emilia (29) yang dulu merupakan bekas kandang anjing, Selasa 4/11. Di gubuk yang berada di Jorong Gurun, Nagari ini, Emilia sudah tinggal di gubuk ini lebih kurang 2 tahun.

Di gubuk ini, ,Emilia tinggal berama tiga orang anaknya yang masih kecil-kecil, sementara suaminya, berkerja sebagai pencuci piring di salah satu warung kopi di Kota Bukittinggi.

Suaminya yang berpenghasilan Rp175,- satu minggu sangat jarang pulang ke rumah. Dia  hanya  mengirim uang sekali sebulan, itu pun tidak mencukupi untuk membiayai 3 anak mereka. Kondisi ini memaksa Emilia mencari tambahan pengasilan dengan menjadi kuli cuci untuk masyarakat gurun.  Dari upah cuci ini saya bisa mendapatkan uang Rp15.000 sampai Rp20.000.

Meski serba kekurangan, dia juga minim mendapatkan perhatian dari pemerintah. Soalnya, dalam beberapa bulan terakhir ini, dia tidak lagi mendapatkan bantuan raskin.

Wali Nagari Gurun Darlis D mengakui Amilia telah tidak masuk lagi dalam daftar keluarga miskin hasil data BPS. Katanya, dari 202 keluarga miskin yang dulu terdata sekarang telah di kurangi menjadi 118 kk yang tergolong miskin oleh petugas.

“Kita akan  konfirmasi ulang kepada pihak BPS tentang alasan pengurangan ini,” ujar Darlis.

Sementara Wakil Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tramizi sempat terenyuh melihat kondisi Emilia beserta tiga anaknya, ia mengharapkan kepada jajaran pemerintahan nagari dan jorong untuk lebih memperhatikan kondisi warga mereka, kesalahan seperti ini hendaknya jangan terulang lagi.

“Kami sangat prihatian dengan kondisi Emilia. Kami dari pemkab akan berusaha memberikan bantuan. Dinas Sosial dan BAZ akan meninjau dan mengupayakan bantuan secepatnya untuk keluarga Emilia,” ujar Irdinansyah. (rommy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*