Tingkat Konsumsi Ikan di Agam Masih Rendah

AGAM,PADANGTODAY.COM -Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Agam saat ini masih rendah, padahal Kabupaten Agam termasuk wilayah yang paling tinggi produksi ikannya, baik ikan hasil tangkapan dilaut maupun ikan hasil budidaya di danau.

Advertisements

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam, Ermanto, Jumat (12/9) kepada wartawan di ruang kerjanya menyatakan, konsumsi ikan oleh masyarakat pada tahun 2013 hanya mencapai 27 Kilogram perorang dalam setahun, sementara di negara lain seperti di Taiwan, tingkat konsumsi ikan masyarakatnya minimal 150 kilogram perorang dalam setahun.

“Minat masyarakat kita saat ini masih sangat kurang untuk mengkonsumsi ikan, padahal di Kabupaten Agam sendiri, produksi ikan budidaya sangat tinggi, yakni mencapai 70 ribu ton pertahun dan produksi ikan tangkapan laut mencapai 5 ribu ton pertahunnya, hal ini sungguh sangat kita sayangkan, padahal ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3. Asam lemak omega-3 pada ikan dapat membantu perkembangan otak, serta asupan omega-3 yang tepat dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak dan orang dewasa,” ujar Ermanto.

Oleh karena itu, untuk memacu minat masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Agam telah melakukan berbagai upaya, di antaranya melalui organisasi Forikan melakukan berbagai sosialisasi ke sekolah-sekolah guna menanamkan pentingnya konsumsi ikan bagi tubuh, serta meningkatkan peran kaum ibu untuk sering memasak ikan, membagikan benih ikan dan pembuatan kolam ikan masyarakat.

“Selain itu, kita juga akan melakukan berbagai sosialisasi melalui mobil Alih Teknologi dan Informasi (ATI) yang pada tahun ini kita mendapatkan bantuan mobil tersebut dari Kementrian Perikanan dan kelautan RI” jelas Ermanto.

Ia menambahkan, bahwa untuk tahun 2015, pihaknya menargetkan konsumsi ikan di Agam mencapai 30 kilogram perorang dalam setahun, serta pada tahun 2020 nanti sudah mencapai target konsumsi ikan hingga 100 kilogram. (martunis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*