Tingkatkan Akses Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Mendikbud Resmikan SLB Surya Bangsa

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh

Advertisements

Kendal, PADANGTODAY.com-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh meresmikan gedung Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Surya Bangsa di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (04/10/2014). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan dan pengguntingan pita oleh istri Mendikbud, Laily Rahmawati M. Nuh.

SLB yang berada di Sukorejo, Kendal ini merupakan inisiasi PT. Sinar Mas dan Muhammadiyah. Sekolah ini menampung lebih dari 50 anak berkebutuhan khusus yang berasal dari wilayah sekitar. Anak-anak  berkebutuhan khusus tersebut adalah penyandang tuna netra, tuna wicara, tuna daksa, tuna grahita,down syndrome, dan autisme.

Dalam kesempatan tersebut selain meresmikan bangunan sekolah, Mendikbud juga memberikan bantuan untuk pengembangan bangunan sekolah tahap berikutnya. Dana senilai Rp240 juta ini diserahkan langsung kepada Kepala SLB Surya Bangsa. “Bantuan ini adalah bagian dari ucapan terima kasih kementerian terhadap peran masyarakat dalam membangun sekolah ini,” kata Mendikbud, di Sukorejo, Sabtu (04/10/2014).

Dalam kesempatan ini pula, dua siswa berkebutuhan khusus SLB Surya Bangsa unjuk kebolehan di hadapan Mendikbud dan Managing Director PT. Sinar Mas Gandhi Sulistiyanto. Keduanya adalah Ida,  yang melantunkan ayat suci Al Quran dan Ponco Lukito yang menyanyikan sebuah lagu berjudul Ayah. Dan kedua siswa siswi tersebut adalah penyandang tuna netra.

Mendikbud mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang bahwa pendidikan adalah hak setiap anak bangsa, maka tidak boleh ada diskriminasi bagi setiap siswa. Apapun keadaan dan dimanapun siswa tersebut berada, katanya, mereka berhak mendapat pendidikan yang layak. “Oleh karena itu, ketika ada yang menyampaikan bahwa disini ada SLB dengan kebutuhan fasilitas seperti ini, maka kita kunjungi,” katanya.(dil/Aline Rogeleonick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*