Tingkatkan Ekonomi,Mentawai Bakal Mengolah Sagu Secara Modern

 

Padang-today.com – Dalam rangka menyemarakkan Pekan Sagu Nusantara (PSN) 2020, Kabupaten Kepulauan Mentawai ikut ambil bagian dalam rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia yang diikuti oleh 14 Provinsi dan 21 Kabupaten / Kota.

Pekan Sagu Nusantara 2020 berhasil mencetak rekor dunia dan rekor MURI untuk kategori “Makan sagu serentak di lokasi terbanyak”.

Pada rangkaian acara pelaksanaan Pekan Sagu Nusantara di Mentawai diselenggarakan seminar sagu daerah. Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyampaikan bahwa sagu adalah bagian penting dari budaya Mentawai.

Bupati mengajak agar generasi muda menjadi generasi yang sadar dan memahami nilai – nilai budaya begitu juga filosofi sagu.

Kedepan sagu bukan hanya sekedar kebutuhan pokok/pangan masyarakat tapi juga bagian dari peningkatan ekonomi masyarakat, sembari dengan itu wakil Bupati Kortanius Sabeleake menyampaikan hal senada bahwa bicara mentawai adalah bicara sagu, bahwa sagu menjadi pilihan ketahanan pangan daerah dan itu telah terbukti pada masa – masa penjajahan lampau di wilayah Sumatera Barat.

Begitu juga Kepala Bappeda Naslindo Sirait menyampaikan belum ada pengolahan sagu secara komprehensif memberikan nilai tambah, selama ini pengolahan sagu dilakukan masyarakat masih sangat tradisional dan belum efektif dan efisien.

“Perlu dilakukan pengolahan sagu yang modern dan terpadu pada satu lokasi sebagai pilot project, kita tidak memungkinkan lagi untuk mengembangkan semua komoditi untuk semua lokasi harus fokus pada satu komoditi dan satu lokasi sehingga bisa dikembangkan di lokasi lain,”ujar dia.

Menurut dia, pengembangan sagu akan dimulai secara bertahap dengan penanaman sagu selama 3 – 4 tahun, lalu pada tahun ke 5 masuk pada industri pengolahan.

“Harapan kita kedepan perkembangan komoditi sagu benar – benar memberikan kontribusi peningkatan ekonomi masyarakat dan jadi bagian dalam kedaulatan pangan daerah,”imbuh Naslindo. (*rel)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*