Tingkatkan Kesadaran Makan Ikan, Pemkab Gelar Lomba Memasak Serba Ikan

Padang-today.com__Dengan panjang garis pantai mencapai 40 KM lebih, menunjukkan bahwa Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu daerah penghasil ikan yang layak diperhitungkan.

Hanya saja hal itu agaknya belum sebanding dengan kesadaran masyarakat di daerah ini dalam mengkonsumsi ikan.

Buktinya, tingkat konsumsi masyarakat Padang Pariaman terhadap berbagai jenis ikan masih berada di bawah rata-rata Nasional.

Hal itu diakui Sekdakab Padang Pariaman, Jonpriadi, saat membuka secara resmi kegiatan lomba memasak serba ikan se Kabupaten Padang Pariaman pada Rabu (24/04), di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman, di Parit Malintang. Kegiatan digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Padang Pariaman.

Jonpriadi berharap, kegiatan lomba memasak serba ikan tersebut tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata, melainkan diharapkan lebih dari itu, yaitu bagaimana bisa lebih memotifasi para kaum ibu di daerah ini untuk lebih gemar memasak masakan serba ikan.

“Yang terpenting tentunya bagaimana masakan yang disajikan itu harus bervariasi. Jadi tidak hanya seperti masakan yang pernah ada sebelumnya. Jadi meski masakannya berasal dari bahan serba ikan, namun menunya harus bisa divariasikan, sehingga dengan begitu, diharapkan akan timbul rasa keinginan lebih untuk menikmatinya,” ujarnya.

Hal itu memang sangat penting diperhatikan sebut Jonpriadi, terutama mengingat tingginya potensi protein yang terdapat dalam masakan ikan, yang diperkirakan bisa mencapai 18 persen lebih.

“Makanya ke depannya kita perlu lebih meningkatkan lagi semangat memakan serba ikan seperti yang digelar dalam kegiatan lomba kali ini. Begitu pula ke depannya kaum ibu-ibu di daerah ini juga diharapkan bisa lebih gemar lagi dalam menyajikan makanan serba ikan, tentunya dengan menu dan varian yang lebih bervariasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Padang Pariaman, Zainil juga menyebutkan, Padang Pariaman yang memiliki garis pantai sekitar 42 KM lebih jelas mengandung potensi yang sangat besar dalam bidang perikanan, Khususnya potensi  perikanan laut di samping beragam potensi kekayaan laut lainnya.

” Makanya dengan adanya kegiatan lomba memasak serba ikan seperti yang digelar pada hari ini tentunya diharapkan bisa lebih memotivasi kaum ibu di Kabupaten Padang Pariaman agar lebih gemar dalam memasak atau menyajikan masakan yang terbuat dari bahan ikan,” terangnya.

Diakuinya, meski Kabupaten Padang Pariaman kaya dengan potensi perikanan, khususnya potensi perikanan laut, namun hal itu belum sebanding dengan tingkat kesadaran masyarakatnya dalam mengkonsumsi ikan.

Hal itu menurutnya terlihat dari angka tingkat konsumsi ikan masyarakat di Padang Pariaman yang masih berada di bawah rata-rata nasional.

Di pihak lain, jalannya lomba memasak serba ikan yang berlangsung Rabu kemarin terlihat berjalan semarak.

Dimana masing-masing peserta tampak menampilkan kebolehannya melalui meja yang telah disediakan oleh panitia acara. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas